Serba serbi

EXO-CBX, TWICE dan iKON Terima Sertifikasi Platinum Resmi dari Gaon

Musik & Film

10 Juni 2018 23:04 WIB

iKON, salah satu boyband asal YG Entertainment (dok. YG Entertainment)

Solotrust.com –Awal tahun ini, Korea Music Content Industry Association memutuskan untuk mengimplementasikan sebuah sistem sertifikasi baru untuk penjualan album, unduh lagu maupun streaming online.

Dimulai dari musik yang rilis pada atau setelah 1 Januari 2018, chart Gaon mensertifikati album dengan platinum apabila terjual sebanyak 250.000 kopi. Sementara itu, lagu akan mendapatkan sertifikasi platinum jika mendapatkan jumlah streaming sebanyak 100 juta atau 2,5 juta kali download.



Pada 8 Juni 2018 seperti dilansir dari Soompi, chart Gaon mengungkapkan bahwa lagu dari sub unit EXO yakni EXO-CBX yakni ‘Blooming Days’ dan juga ‘What Is Love’ dari TWICE secara resmi disertifikasi platinum karena masing-masing sudah terjual lebih dari 250.000 kopi.

Sementara itu, lagu dari iKON yakni ‘Love Scenario’ berhasil menjadi lagu pertama yang meraih sertifikasi platinum dari Gaon karena sudah distreaming lebih dari 100 juta kali.

‘Blooming Days’ adalah lagu utama dari album berjudul sama dari EXO-CBX yang rilis pada 10 April 2018 lalu. Lagu bergenre dance pop tersebut menunjukkan kekuatan vokal dari 3 anggota EXO yakni Chen, BaekHyun dan Xiumin. Album tersebut tercatat menempati peringkat 1 iTunes di 35 negara dua hari setelah rilis.

Diciptakan langsung oleh JYP, lagu ‘What Is Love’ dari TWICE dirilis pada 9 April 2018. Dirilis pada pukul 6 sore waktu Korea Selatan, 2 jam kemudian lagu tersebut berhasil memuncaki 6 chart musik besar di Korsel yakni Melon, Genie, Bugs, Mnet, Naver dan Soribada.

Sementara itu, ‘Love Scenario’ yang diciptakan oleh leader iKON yakni B.I dan liriknya ditulisnya bersama anggota yang lain yakni Bobby rilis pada 25 Januari 2018. Pada 5 Februari, lagu ini berhasil menjadi lagu yang memperoleh predikat Perfect All Kill pertama di tahun 2018 karena berhasil memuncaki 6 chart musik besar di Korsel. (Lin)

(wd)