Hard News

Salah Paham, Ada Pemudik Motor Gratis yang Tak Miliki Tiket Balik

Jateng & DIY

21 Juni 2018 13:00 WIB

Petugas Kemenhub sedang memeriksa sepeda motor pemudik gratis di Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta, Kamis (21/6/2018). (solotrust-adr)

SOLO, solotrust.com – Tercatat pada Rabu 20 Juni kemarin, sedikitnya ada 17 pemudik gratis dengan sepeda motor yang melapor tidak memiliki tiket balik.

Hal itu diketahui saat petugas yang hendak mendata ulang pemudik gratis dengan sepeda motor, menemukan pemudik yang hanya memiliki tiket mudik tanpa tiket balik ke Jakarta.



Sebelumnya, Nova Sulastri, peserta program mudik gratis asal Wonogiri sempat mengaku bingung lantaran dua motor yang dia bawa saat arus mudik dari Jakarta lalu terkendala tidak bisa diberangkatkan dari Solo ke Jakarta.

Rupanya hal itu lantaran Nova hanya memiliki tiket mudik tanpa tiket balik karena kesalahpahaman dengan petugas saat pendaftaran program mudik gratis di Jakarta.

"Soalnya dulu waktu pendaftaran di Monas, Jakarta, ada petugas yang bilang kalau pakai tiket mudik saja bisa sekalian digunakan untuk tiket balik, tapi saya kaget kenyataannya kok dari Solo tidak bisa," ungkapnya.

Hal itu lalu dikonfirmasi oleh Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto, yang mengatakan bahwa hal itu disebabkan karena terjadi kesalahpahaman saat pendaftaran.

"Itu bisa disebabkan pemudik yang belum mengetahui pasti rule registrasi online dengan tujuan mudik dan balik," ujarnya, Rabu (20/6/2018).

Selain itu Joko menambahkan, kejadian itu juga mungkin disebabkan oleh petugas pendaftaran yang kurang teliti dalam memasukkan pilihan tujuan pemudik gratis itu, yakni untuk mudik atau mudik-balik Lebaran.

Meski begitu, pihak terminal segera berinisiatif melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk keberangkatan pemudik gratis dengan sepeda motor.

Koordinator Pelaksana Pemudik dan Motor Gratis Jakarta, Ahmad Fauzan mengatakan, Kemenhub memberi kesempatan bagi pemudik gratis dengan sepeda motor tanpa memiliki tiket balik. Mereka bisa diangkut asalkan menunggu slot kosong sepeda motor di truk untuk diberangkatkan dari Solo ke Jakarta.

"Dengan catatan kalau ada slot kosong nanti pemudik gratis dengan sepeda motor tanpa tiket balik bisa disusulkan di truk itu," terangnya di Terminal Tirtonadi.

Sementara itu, pemberangkatan 504 sepeda motor  pemudik gratis dengan menggunakan 12 truk itu dijadwalkan sudah harus clear Kamis (21/6/2018) sore ini. (adr)

(way)