Hard News

HUT ke-70 IPSI, Ribuan Pesilat Bakal Unjuk Gigi Saat CFD

Jateng & DIY

4 Mei 2018 07:12 WIB

(Ilustrasi pesilat)

SOLO, solotrust.com - Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Surakarta bakal menggelar Apel Silahturahim Perguruan Pencak Silat dan Kirab Budaya Pencak Silat Solo pada Minggu (6/5/2018). Kegiatan dalam rangka menyambut ulang tahun ke-70 IPSI itu rencananya akan diikuti semua perguruan pencak silat yang ada di Kota Bengawan.

"Hari itu akan kami sebut Solo Sikat Day karena semua pesilat dari 20 perguruan yang ada di Solo akan mengikuti kegiatan ini. Sedikitnya 2.500 pesilat akan menampilkan jurus kolosal saat kirab budaya," kata Ketua Panitia, Burhan Pagar Nusa Ababil, Kamis (3/5/2018).



Apel Silahturahim, kata Burhan, akan diadakan di Stadion Sriwedari pada pukul 06.00 WIB. Dalam apel itu, akan ada juga Ikrar Solo Damai yang dipimpin ketua IPSI Surakarta, Kalono. Setelah apel, akan dilanjutkan dengan kirab budaya pencak silat.

"Nanti startnya dari Stadion Sriwedari berjalan melewati car free day (CFD) hingga finish di Balai Kota Surakarta. Selama kirab, para pesilat akan menampilkan keindahan jurus pencak silat di sepanjang rute kirab. Kita ingin menunjukkan bahwa pencak silat itu adalah budaya asli Indonesia yang indah, santun, jauh dari kesan keras dan kasar," tandas Burhan.

Rencananya, kegiatan apel akan ada sambutan dan pengarahan dari Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ribut Hari Wibowo, dan Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf Ali Akhwan. (vin)

(way)