Hard News

PPMI Assalaam Gelar Salat Id Pagi Ini

Jateng & DIY

21 Agustus 2018 13:56 WIB

Suasana Salat Iduladha 439 H di Lapangan sebelah barat PPMI Assalaam, Sukoharjo Selasa (21/8/2018) pagi. (solotrust-adr)

SUKOHARJO, solotrust.com - Keluarga besar Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam menggelar Salat Iduladha 1439 H di Lapangan sebelah barat PPMI Assalaam, Sukoharjo, Selasa (21/8/2018) pagi ini.

Saat ditemui solotrust.com usai melaksanakan Salat Id, Kepala Bagian Humas PPMI Assalam Qomaruddin menuturkan, salat dalam memperingati Iduladha dimulai sekitar pukul 06.00 WIB dan diikuti sekitar empat ribu jemaah.



"Salat Id pagi ini diikuti sekitar empat ribu jemaah ada dari seluruh keluarga besar PPMI Assalaam dan warga sekitar pondok," tutur dia.

Ustaz Qomar, sapaan akrabnya menerangkan, dalam Salat Id pagi ini, bertindak selaku khatib sekaligus Imam adalah Ustaz Dr Haji Kadarusman MAg. Sedangkan tema yang diusung adalah 'Belajar dari Keikhlasan Ibrahim'.

Dalam khotbahnya, Kadarusman mengisahkan tentang pengorbanan serta keiklhasan Nabi Ibrahim AS sebagai sejarah peristiwa kurban di Hari Raya Iduladha. Di mana Nabi Ibrahim mendapatkan mimpi yang diyakini merupakan perintah dari Allah untuk menyembelih putranya Nabi Ismail. Saat akan disembelih, kemudian Allah langsung mengganti Ismail menjadi domba atas seizin Allah.

"Tadi dikisahkan sejarah keihklasan Nabi Ibrahim yang harus mengorbankan putranya, Ismail untuk disembelih, menurut perintah Allah," terangnya.

Ustaz Qomar berharap para santri di PPMI Assalaam dan seluruh jemaahh dapat meneladani keikhlasan Ibrahim untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan lebih mengutamakan kepentingan Allah SWT.

"Dari ceramah ini jemaah bisa belajar nilai-nilai kesabaran, ketakwaan kepada Allah SWT, keikhlasan untuk mendahulukan kepentingan yang berkaitan dengan Allah, karena itu akan memberikan dampak baik kepada kita semua di masa yang akan datang," jelas Ustaz Qomar.

Usai menunaikan Salat Id, keluarga besar PPMI Assalaam melanjutkan kegiatan dengan menyembelih hewan kurban berupa sapi dan kambing di area PPMI Assalaam. (adr)

(way)