Hard News

Unik, 4 Bidadari Menari saat Panen Ikan

Jateng & DIY

3 September 2018 23:06 WIB

Tradisi unik warga Desa Jeblog, Kecamatan Karanganom, Klaten di saat panen ikan tiba.

KLATEN, solotrust.com- Ada tradisi unik yang dilakukan warga di Desa Jeblog, Kecamatan Karanganom, Klaten di saat panen ikan tiba. Tradisi ini, dilakukan performance art empat orang perempuan yang menggambarkan bidadari yang menari di atas kolam.

Mereka pun kemudian menari-nari diatas kolam ikan yang siap dipanen tersebut. Seusai melakukan performance art dengan menari di atas kolam 4, bidadari tersebut kemudian menuju pinggir kolam untuk memanen ikan jenis nila yang siap dipanen.



Dwi Yanto seorang petani ikan Sinar Mina Nusantara Desa Jeblog mengatakan, tradisi seperti ini biasa dilakukan petani ikan di saat panen ikan tiba. Hal ini, sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rejeki yang sudah diberikan.

“Ini untuk mengenalkan kepada masyarakat luas. Petani ikan di sini bersyukur bahwa panen ikan ini sangat melimpah,” katanya kepada wartawan, Senin (3/9/2018).

Kepala Desa Jeblog, Hendri Prakoso mengatakan, bahwa Desa Jeblog ini merupakan salah satu kawasan minapolitan di wilayah Klaten. Di tempat ini, kata dia, mempunyai sumber air bersih yang melimpah dan selama ini menjadi pemasok ikan air tawar dari sejumlah daerah di wilayah Solo dan Yogyakarta.

“Air disini sangat bersih dan disini juga sebagai pemasok ikan di wilayah Solo dan Yogyakarta,” kata dia.

Meski musim kemarau,kata dia, kawasan minapolitan di Desa Jeblog ini tidak pernah mengalami kekurangan air, sehingga produksi ikan tetap stabil.

“Di kolam sekitar 1 hektare ini setiap 3 bulan rata-rata bisa memanen ikan antara 1 hingga 3 ton,”pungkasnya. (Jaka).

(wd)