Pend & Budaya

Kembangkan Budaya Riset, ISI Surakarta Adakan Pelatihan Penyusunan Proposal PKM

Pend & Budaya

13 Oktober 2018 15:03 WIB

Suasana kegiatan pelatihan penyusunan proposal PKM di ISI Surakarta. (solotrust-adr)

SOLO, solotrust.com - Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta menyelenggarakan pelatihan Penyusunan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Gedung Prabangkara Kampus 2 FSRD ISI Surakarta, pada Kamis (11/10/2018) hingga Jumat (12/10/2018).

Wakil Dekan I FSRD ISI Surakarta Moch Sofwan Zarkasi menuturkan, tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian baik dosen maupun mahasiswa yang selaras dengan Tridharma Perguruan Tinggi.



"Kami ingin mahasiswa ikut dapat memahami lebih baik terkait proposal penelitian serta dapat berperan lebih banyak dan kompetitif dalam usaha membangun budaya penelitian ini," ujar dia kepada solotrust.com.

Menurutnya, penting untuk dapat merealisasikan semangat riset dan penelitian menjadi atmosfer di lembaga FSRD ISI Surakarta, maka perlu diadakannya kegiatan tersebut sebagai penunjang usaha untuk mewujudkan iklim riset penelitian tersebut yang efektif di lingkungan FSRD ISI Surakarta.

Dijelaskan dia, PKM memiliki tujuh bidang yang terdiri dari lima bidang PKM yang berbasis proposal, yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), dan  PKM-Karsa Cipta (PKM-KC).

"Serta dua bidang PKM yang berbasis artikel ilmiah yaitu PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM- Gagasan Tertulis (PKM-GT)," papar dia.

Kegiatan itu diikuti seratusan peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen wakil dari delapan Prodi di FSRD. Menghadirkan tiga narasumber, antara lain Aprilia Fimonasari SS DEA (dosen jurusan Psikologi UGM), Eko Sriharyanto MSn (dosen Prodi Desain Interior FSRD ISI Surakarta), dan Basnendar Herry P MDs (dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta).

Pihaknya berharap, melalui kegiatan yang terselenggara dengan baik ini kualitas dan kuantitas karya-karya mahasiswa secara riset atau berdasar penelitian, bisa lolos dan didanai Kemenristekdikti untuk tahun 2019.

PKM merupakan program rutin tahunan yang diselenggarakan Kemenristekdikti sebagai kegiatan untuk merangsang mahasiswa untuk berinovasi dan kreativitas di berbagai bidang. "Selain itu, juga kemampuan mahasiswa agar meningkat sehingga secara tidak langsung mempengaruhi kualitas dan kuantitas capaian yang diharapkan," jelasnya. (adr)

(way)