Ekonomi & Bisnis

KAI Mulai Jual Tiket Lebaran 2019

Ekonomi & Bisnis

25 Februari 2019 19:06 WIB

Ilustrasi.

SOLO, solotrust.com- Para calon penumpang yang ingin membeli tiket Kereta Api (KA) periode Lebaran 2019/1440 H sudah bisa dilayani per tanggal 25 Februari 2019 jam 00.00 WIB. Sebab PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai melakukan penjualan tiket lebaran untuk keberangkatan 26 Mei 2019 (H-10 Lebaran).

"Penjualan tiket sudah dilakukan sejak H-90 (90 hari sebelum keberangkatan). Sebab berdasar kalender nasional, hari raya Idul Fitri tahun ini akan jatuh pada tanggal 5-6 Juni 2019," ujar VP Public Relations KAI, Agus Komarudin, melalui siaran pers.



Ia mengatakan, pemesanan tiket KA periode Lebaran dapat dilakukan di website kai.id, KAI Access, mulai jam 00.00 WIB. Sedangkan untuk channel eksternal menyesuaikan kebijakan masing-masing mitra penjualan tiket KAI.

"Memperhatikan hari libur nasional dan cuti bersama yang telah ditetapkan oleh pemerintah, KAI memperkirakan puncak Arus Mudik akan terjadi Rabu, 29 Mei 2019 (H-7) dan puncak Arus Balik diperkirakan akan terjadi pada Minggu, 9 Juni 2019 (H+3)," imbuhnya.

Untuk menghadapi peningkatan jumlah pengunjung channel penjualan tiket, KAI telah melakukan antisipasi berupa tuning dan optimalisasi database sistem ticketing serta penambahan application server dan bandwidth internet dua kali lipat dari hari biasa. Tujuannya agar proses pemesanan tiket berjalan lancar.

Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro meminta agar masyarakat merencanakan perjalanan jauh-jauh hari untuk mendapat kepastian tiket perjalanan mudik dan balik Lebaran 2019. Ia mengingatkan, bagi penumpang yang telah mendapat kode bayar agar segera melakukan pembayaran dalam waktu 60 menit, karena jika tidak maka tiket yang ia pesan akan terjual kembali.


“KAI juga mewanti-wanti kepada masyarakat agar membeli tiket lebaran di channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerjasama dengan KAI, tujuannya untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar,” tutur Edi.

Terakhir Edi berharap, masyarakat dapat menjadikan kereta api sebagai moda transportasi pilihan pada Angkutan Lebaran tahun ini. (Rum)

(wd)