Serba serbi

Catatan Bagaimana ARMY Global Rayakan Ulang Tahun Suga dengan Cara Bermakna

Musik & Film

11 Maret 2019 21:08 WIB

Suga BTS (Dok. BigHit Entertainment)

SOLO, solotrust.com - Suga atau yang memiliki nama asli Min Yoon Gi adalah salah satu anggota (rapper) BTS dan juga produser musik handal di Korea Selatan. Suga dan musik adalah dua hal yang tak terpisahkan.

Kecintaan Suga pada bidang musik terlihat semenjak ia masih sangat muda. Suga diketahui mulai mendalami musik sejak SD dengan memainkan MIDI (Musical Instrument Digital Interface). Dia juga mulai menciptakan lagu sejak usia belia. Suga memulai jalan musiknya dengan membuat mixtape dan tampil sebagai rapper underground.



Selain terlibat dalam album-album BTS, Suga juga pernah merilis mixtape solonya yakni "Agust D" pada 2016. Hingga saat ini, Suga telah menciptakan lebih dari 70 lagu yang terdaftar di Korea Music Copyright Assocation (KOMCA). Salah satu lagu ciptaannya yakni "Wine" yang dinyanyikan Suran pernah memenangkan lagu Soul/R&B terbaik di Melon Music Awards 2017.

Dalam sebuah acara, tepatnya saat BTS diundang ke Museum Grammy untuk melakukan bincang mendalam tahun lalu, Suga mengingat kembali bagaimana musik telah membantunya, sehingga dia pun ingin menciptakan musik yang sama, yakni pengalaman musik yang 'sehat' bagi para penggemarnya.

"Ketika saya masih menjadi seorang siswa, saya mendengarkan banyak musik, dan itu adalah cara bagi saya untuk melarikan diri dan meyakinkan diri saya sendiri. Saat ini, remaja dan orang-orang di usia awal 20-an mendengarkan musik, tetapi kami merasa, dan saya benar-benar merasakannya, tidak banyak musik sehat yang terdengar bagus untuk didengarkan yang membantu mereka. Ada kekurangan yang bisa kami isi dari situ," kata Suga.

"Dan tema-tema ini bersifat universal. Saya tidak berpikir itu hanya terbatas di Korea saja. Orang-orang muda di seluruh dunia menghadapi rasa sakit, kesedihan, dan masalah yang serupa. Itulah mengapa penggemar dan pendengar kami dapat terhubung dengan musik kami," tambah Suga.

Hal ini selaras dengan filosofi agensi BTS yakni BigHit Entertainment. BigHit memiliki slogan "Music & Artist for Healing", frasa yang selalu mendahului semua MV dari BTS.

Lagu-lagu BTS adalah lagu yang personal, yang ditulis dari rasa sakit dan optimisme. Lagu yang mendorong para penggemarnya untuk berlatih mencintai diri mereka sendiri dan rasa peduli mereka terhadap sesama, yang membantu mereka melewati hal-hal sulit dalam kehidupan mereka masing-masing.

Proyek ARMY

Mengetahui bagaimana musik dan Suga adalah hal yang tak terpisahkan, dan bagaimana Suga bisa menginspirasi banyak orang dengan musiknya, para ARMY dari berbagai belahan dunia pun membuat proyek-proyek dan donasi yang bermakna untuk merayakan ulang tahun Suga pada 9 Maret ini, termasuk yang berhubungan dengan musik.

ARMY di Amerika Selatan yang tergabung dalam One In An ARMY (OIAA) menjalankan kampanye untuk mengumpulkan donasi guna mendukung Playing For Change (PFCF).

PFCF adalah yayasan nonprofit yang berdiri sejak 2007 yang memiliki visi menginspirasi, mengkoneksikan, dan membawa perdamaian di seluruh dunia melalui musik. PFCF memiliki misi menciptakan perubahan positif melalui pendidikan musik dan seni.

PFCF mendukung program edukasi musik untuk anak-anak yang tinggal di area yang kaya akan budaya dan tradisi namun terbatas dalam hal ekonomi, termasuk bagi anak-anak penyandang disabilitas. Program PFCF salah satunya adalah memberikan pelajaran vokal, tari, alat musik, dan teori musik bagi anak-anak secara gratis.

Tak hanya itu, sejumlah ARMY di negara lain juga memberikan donasi-donasi yang bermakna dan dalam berbagai hal, dari mulai memberi pangan untuk anjing-anjing terlantar, membantu anak-anak kurang mampu, membantu akses air bersih, hingga pemulihan trauma bagi perempuan yang pernah mengalami pelecehan seksual.

ARMY Korea diketahui memberikan 2,1 ton makanan untuk anjing-anjing terlantar di selter-selter. Proyek ini dinamai "Min Holly Fund".

Sementara itu di New Zealand, ARMY berdonasi untuk organisasi bernama Assistance Dogs New Zealand Trust, yang fokus membantu orang-orang dengan disabilitas dengan memasangkannya dengan anjing terlatih. Suga diketahui memiliki anjing peliharaan bernama Holly.

ARMY Peru juga melakukan berbagai donasi yang bermakna untuk merayakan hari lahir Suga. Mereka melakukan donor darah dalam program "Donar Sangre es Donar Vida", yang membantu lebih dari 60  pasien yang berjuang melawan kanker.

Selain itu, ada juga ARMY Peru yang berdonasi pada institusi bernama Angelitos De Sion, yang menyediakan makanan dan perhatian pada anak-anak kurang mampu dan yatim piatu atas nama Suga. Mereka juga menceritakan bagaimana Suga telah menginspirasi banyak orang dan bisa meraih mimpi-mimpinya dengan tidak menyerah.

Di Jepang, ARMY diketahui membantu organisasi bernama Second Harvest Japan untuk membuat bento-bento hangat bagi mereka yang membutuhkan.

Di Uruguay, ARMY melakukan kegiatan sosial di kota Maldonado untuk hampir 100 anak dari keluarga kurang mampu dengan memberi mereka makanan dan area bermain.

Lain lagi di Meksiko, ARMY mendonasikan dana sebesar $256 (Rp3,6 juta) untuk UNICEF Meksiko dalam project "Our Sweet Hope", dalam rangka merayakan ulang tahun J-Hope dan Suga. Ada juga yang mendonasikan dana sebesar $185 (Rp2,6 juta) untuk komunitas di Tarahumara agar bisa mendapatkan akses air bersih dan kebutuhan nutrisi yang lebih baik.

Di Nikaragua, ARMY membuat project "You Never Walk Alone". Mereka berdonasi untuk memberikan alat-alat terapi bagi organisasi bernama Aguas Bravas. Organisasi tersebut fokus memberikan dukungan psikologis kepada perempuan yang menderita karena pernah mengalami kekerasan seksual saat masih anak-anak.

Di Bangladesh, ARMY berdonasi untuk selter binatang. Sementara di Iran, ARMY memberikan donasi makanan dan pakaian untuk sebuah panti asuhan.

Pada hari ulang tahunnya, Suga memberikan donasi untuk yayasan bagi anak-anak penderita kanker di Korea (The Korea Pediatric Cancer Foundation) sebesar 100 juta Won (sekitar Rp1,24 miliar) dan 329 boneka BT21 shooky atas nama ARMY.

Pemilihan angka 329 bertepatan dengan pertama kalinya BTS menggelar fanmeeting resmi bagi ARMY Global yakni "BTS Global Official Fanclub A.R.M.Y 1ST Muster" pada 29 Maret 2013 silam.

“Suga mengatakan bahwa sebelumnya ia telah berharap bisa memberikan donasi untuk membayar semua cinta yang didapatkannya dari para penggemar. Kami akan menggunakan donasi ini dengan baik untuk anak-anak. Terimakasih," kata yayasan tersebut.

Lebih lanjut, donasi tersebut akan digunakan untuk anak-anak penderita kanker dan leukemia. "Hal-hal seperti ini menjadi sumber penghiburan dan harapan yang besar untuk anak-anak dan keluarganya," kata Lee Sung Hee, ketua yayasan tersebut.

Pada Sabtu dini hari, untuk merayakan ulang tahun Suga, ARMY dari seluruh dunia juga terlihat membuat tagar-tagar di Twitter hingga menjadi trending topic dunia.

Tercatat pada Sabtu pukul 01.30 KST atau Jumat (8/3/2019) WIB pukul 23.30, ada tujuh trending topic yang berkaitan dengan Suga BTS, yang mana tagar #HAPPYSUGADAY menjadi yang paling banyak dicuitkan yakni sebanyak 1,36 juta kali.

Tagar lain yang menjadi trending adalah #OurFirstLoveYoongi, #윤기멋대로살아전부니꺼야, #WhatAReliefYoongiWasBorn, Min Yoongi, SOPE, dan Min Suga. (Lin)

(way)