Pend & Budaya

SMK Veteran 1 Sukoharjo Gandeng ISI Surakarta Adakan Uji Petik Kompetensi Keahlian Multimedia

Pend & Budaya

15 Juni 2019 01:06 WIB

Dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta, Basnendar H saat menguji siwa SMK Veteran 1 Sukoharjo.

SOLO, solotrust.com - SMK Veteran 1 Sukoharjo menggandeng civitas akademika Prodi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Surakarta mengadakan uji petik kompetensi keahlian multimedia di Ruang Editing dan Animasi SMK setempat, Jumat (14/6/2019).

Guru Koordinator Kegiatan, Jimad Ndaru Laksito mengatakan, kegiatan uji petik diikuti siswa kelas XI dengan materi berupa perancangan desain poster dan leaflet.



"Tema yang diujikan untuk leaflet berupa merancang informasi obyek wisata unggulan di wilayah Sukoharjo, sedangkan tema untuk desain poster tentang seputar nasionalisme dan Bhinneka Tunggal Ika," kata Jimad kepada solotrustcom

Jimad menambahkan, kegiatan uji petik ini bertujuan untuk memilih dan menyeleksi siswa sebagai wakil dari SMK Veteran 1 Sukoharjo di event Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Kabupaten Tahun Akademik 2019/2020.

"Peserta siswa kelas XI diharapkan dapat menuangkan gagasan dan kreativitas melalui kemampuan desain grafis melalui beragam software CorelDraw, Adobe Photoshop dan software lainnya," ujarnya.

Dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta, Basnendar H menyampaikan, kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian perguruan tinggi kepada masyarakat sebagai salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Kami bertindak sebagai penguji kompetensi, menilai dari aspek kreativitas, ide pesan, olah digital, dan unsur desain komunikasi visual, sehingga diharapkan memperoleh siswa yang layak dan mampu bersaing saat berkompetisi dengan siswa dari SMK lain se-Sukoharjo nantinya," harap dia. (adr)

(wd)