Pend & Budaya

Murid KB-TK Surya Mentari Belajar Pembuatan Tahu dan Tempe

Pend & Budaya

12 November 2019 16:05 WIB

Antusiasme siswa KB-TK Surya Mentari Manahan saat belajar proses pembuatan tahu dan tempe di Pabrik Tahu dan Tempe Obor, Krajan RT.4/RW 3, Mojosongo, Jebres, Solo, Senin (11/11/2019)

SOLO, solotrust.com – Puluhan murid Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak (KB-TK) Surya Mentari Manahan melaksanakan outing class tematik dengan belajar langsung proses pembuatan makanan tradisional Nusantara tahu dan tempe di Pabrik Tahu dan Tempe Obor, Krajan RT 4/RW 3, Mojosongo, Jebres, Solo, Senin (11/11/2019).

Koordinator kegiatan, Rully Dian Nurbaiti, menjelaskan kegiatan bertajuk "Outing School to Pabrik Tahu and Tempe" bertujuan mengenalkan sistematis dan cara pengolahan biji kacang kedelai hingga menjadi tahu dan tempe.



“Selama ini anak hanya tahu bentuk tempe yang sudah jadi dan tempe yang tinggal makan tanpa tahu proses pembuatannya,” katanya kepada solotrust.com di sela kegiatan.

Diterangkan Rully, kegiatan ini diikuti sebanyak 76 anak dari KB-TK Surya Mentari Manahan kelas Surya, Mentari, Bulan, Bintang, Mega, dan Pelangi. Mereka diajak melihat langsung proses pembuatan tahu dan tempe mulai dari bahan mentah kacang kedelai dan proses pembuatan dari pencucian, perebusan, pencetakan, dan pemotongan.

“Selain itu, mereka juga kami ajak melakukan praktik langsung pembuatan tempe yang dimasukkan plastik sendiri-sendiri untuk melatih keberanian dan pengalaman,” pungkasnya. (adr)

(redaksi)