Minggu , 5 April 2020

Jangan Lewatkan! Hujan Meteor Geminid Malam Ini

14 Desember 2019 19:03 WIB


Sebuah meteor melesat menembus langit malam di atas Myanmar selama hujan meteor Geminid pada 14 Desember 2018 (Sumber: CNN)

Solotrust.com - Hujan meteor Geminid bisa dibilang menjadi salah satu pemandangan menarik di penghujung tahun ini. Kamu bisa menyaksikannya dengan jelas saat langit cerah mulai Jumat (13/12/2019) malam kemarin hingga Minggu (15/12/2019) dini hari.

Sayangnya, hujan meteor ini akan terpengaruh dengan cahaya bulan purnama sehingga untuk menyaksikannya kurang bisa maksimal. Namun demikian, para ahli merekomendasikan bahwa itu masih layak untuk dicoba. Kamu bisa melihat sekitar 20 meteor melesat melintasi langit per jam. Fenomena ini kali pertama direkam pada 1862 dan menjadikan tontonan menarik tiap Desember.



Melansir CNN, Sabtu (14/12/2019), Asteroid 3200 Phaethon diyakini menjadi pemicu terjadinya hujan meteor ini. Para ilmuwan telah memperdebatkan sifat Phaethon. Asteroid dekat Bumi yang dilacak dengan cermat telah disamakan dengan komet sehingga disebut "komet batu."

Phaethon ditemukan pada Oktober 1983 dan dinamai menurut mitos Yunani tentang putra Helios, dewa matahari, karena ia mendekati matahari kita. Phaethon mengorbit matahari lebih dekat dari asteroid lain dan membutuhkan 1,4 tahun untuk menyelesaikan orbitnya. Asteroid memanas sekitar 1.300 derajat Fahrenheit pada pendekatan terdekatnya dengan matahari yang menyebabkannya menumpahkan puing-puing berdebu. Partikel-partikel ini menyebabkan hujan meteor ketika mereka terjun ke atmosfer Bumi pada 22 mil per detik, menguap dalam garis-garis yang kita sebut "bintang jatuh."

Jika kamu tinggal di daerah perkotaan, kamu akan kesulitan mengamati hujan meteor sebab pandanganmu terhalang cahaya lampu-lampu kota di malam hari. Oleh karenanya, kamu harus mencari area yang tidak terpengaruh polusi cahaya. Di lokasi yang tepat, kamu bisa menyaksikan hujan meteor setiap beberapa menit mulai pukul 10 malam sampai subuh.

Carilah area terbuka dengan pemandangan langit yang luas. Pastikan pandanganmu melihat lurus ke atas dan berikan waktu bagi mata Anda sekitar 20 hingga 30 menit untuk menyesuaikan dengan kegelapan (tanpa melihat ponsel) sehingga meteor akan lebih gampang dikenali. (and) 

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com