Sabtu , 4 April 2020

Shadow dan Ego Jadi Tema Album BTS Setelah Persona

10 Januari 2020 03:02 WIB


BTS (Dok. Big Hit Entertainment)


Solotrust.com - Sebelum merilis album terbarunya 21 Februari mendatang, Big Hit Entertainment memposting "comeback map", yang memperlihatkan fase-fase yang akan dilalui sebelum rilisnya album.



BTS diketahui akan merilis "Map of the Soul: 7", seri album selanjutnya dari "Map of the Soul". April tahun lalu, BTS merilis "Map of the Soul: Persona" dengan lagu utama "Boy With Luv" featuring Halsey. Album itu berhasil debut di Billboard 200 dan menjadi album terlaris sepanjang sejarah di Korea Selatan.

Baca: Ramai Isu Sajaegi, Pidato RM BTS di GDA Jadi Sorotan

Berdasarkan 4 fase yang diinformasikan, BTS akan merilis comeback trailer "Shadow" pada Jumat (10/1). Pada (17/1), BTS akan merilis single pertama dari album itu, bersama dengan art film dari MN Dance Company.

Pada (3/2), BTS akan melanjutkannya dengan merilis comeback trailer "Ego", yang diikuti dengan foto-foto konsep dari 10-13 Februari. Pada (17/1), tracklist album diunggah, empat hari sebelum rilisnya album. MV untuk lead single akan diunggah pada 28 Februari 2020.

Dalam fase itu, terdapat pula event bernama "Connect, BTS" secara online maupun tersebar di 5 kota di dunia yakni London, Berlin, Buenos Aires, Seoul dan New York City. Belum ada info lebih lanjut terkait hal ini.

Seperti diketahui bahwa album "Map of the Soul" terinspirasi dari struktur kepribadian dari psikolog Carl Gustav Jung. Persona, yang menjadi judul seri pertamanya adalah salah satu ketidaksadaran kolektif yang berarti "topeng" yang kita gunakan ketika berada dalam situasi sosial.

Persona berasal dari kata Latin yang berarti topeng. Sehingga, persona diibaratkan sebagai topeng yang kita kenakan ketika tampil ke dunia luar dan menggambarkan bagaimana kesan yang ingin kita tampilkan dimata orang lain, namun tidak selalu mencerminkan siapa diri kita yang sebenarnya. Profesi artis sendiri adalah salah satu yang begitu lekat dengan persona, karena mementingkan penilaian publik atas dirinya.

Terkait persona, RM pernah mengatakan, "Persona saya adalah RM dan persona saya yang lain adalah Kim Nam Joon, seorang pria normal berusia 25 tahun di Korea. Kami harus menjaga persona-persona itu". Hal itu ia katakan saat BTS akan menggelar konser di Wembley Juni tahun lalu.

Sementara itu, Shadow adalah ketidaksadaran kolektif lain yang berarti sisi gelap yang disembunyikan dari seseorang. Shadow berisi insting primitif dan negatif yang secara religius maupun sosial tidak diapresiasi, misalnya kemarahan, rasa iri dan keserakahan.

Dr. Murray Stein, penulis buku "Jung's Map of the Soul" yang menyampaikan pengetahuan dasar tentang pemikiran Jung mengatakan bahwa persona memiliki hubungan simetris dengan shadow. Shadow adalah contoh kasus dimana diri ini tidak sadar dan berurusan dengan hal-hal tidak mengenakkan yang diikuti oleh konflik moral dan perilaku egois tanpa mengetahui dirinya sendiri. Tapi shadow ini bukanlah kejahatan.

Jung membagi struktur kepribadian manusia menjadi tiga bagian yakni conscious (kesadaran/ego), personal unconsciousness (ketidaksadaran personal) dan collective unconsciousness (ketidaksadaran kolektif).

Ketidaksadaran kolektif berisi ingatan laten tentang hal-hal yang diwariskan dari masa lampau leluhur, dan ketidaksadaran kolektif semua orang relatif sama. Persona, shadow, anima/animus, dan the self merupakan jenis ketidaksadaran kolektif.

Baca: Bang Si Hyuk: Saya Berdoa Agar BTS Dapat Terus Membuat Musik dengan Bahagia

Sedangkan ego adalah jiwa sadar yang terdiri dari persepsi-persepsi, ingatan, dan pikiran-pikiran sadar. Ego merupakan bagian manusia yang membuat dia sadar terhadap dirinya. Aktivitas kejiwaan yang ada dalam dimensi kesadaran misalnya berpikir (thinking) dan merasakan (feeling). (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com