Hard News

Cuaca Hari Ini: Soloraya Diprediksi Hujan Ringan-Sedang

Jateng & DIY

13 Januari 2020 09:32 WIB

Ilustrasi prakiraan cuaca (Pixabay)

SOLO, solotrust.com – Wilayah Soloraya diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada Senin (13/01/2020) secara merata. Prakiraan cuaca ini berlaku 12 jam dari pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB.

“Kota Solo, Boyolali, dan Sragen diprediksi hujan ringan hingga sedang, sedangkan untuk Klaten, Wonogiri, Sukoharjo, Karanganyar potensi hujan ringan,” terang Forecaster on Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang Jawa Tengah, Triyotomo dalam keterangan tertulis yang diterima solotrust.com pagi ini.



Triyotomo menjelaskan, angin di wilayah Soloraya pada umumnya bertiup dari arah Selatan ke Barat dengan kecepatan 10-30 kilometer/jam, kelembaban udara berkisar 65 hingga 95 persen, dan suhu udara berkisar 21 hingga 31 derajat celcius.

Sementara itu, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R Prabowo, menyampaikan hasil analisis dinamika atmosfer menunjukkan Madden Julian Oscillation (MJO) fenomena gerakan gelombang atmosfer masih berada di wilayah Indonesia bagian tengah dan Timur yang mendukung peningkatan konsentrasi curah hujan.

“Fenomena gelombang tropis, yakni Kelvin Wave dan Rossby Ekuatorial berkontribusi signifikan pada pembentukan pola siklonik dan pertemuan angin yang berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatra dan Kalimantan,” bebernya

Berdasarkan kondisi itu, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah berikut.

Periode 12-14 Januari 2020: Sumatra Barat- Jambi- Bengkulu- Bangka Belitung- Sumatera Selatan- Lampung- Jawa Tengah- Jawa Timur- NTT- Kalimantan Tengah- Kalimantan Utara- Kalimantan Timur- Kalimantan Selatan- Sulawesi Tengah- Sulawesi Tenggara- Sulawesi Barat- Sulawesi Selatan- Maluku- Papua Barat dan Papua

Periode 15-18 Januari 2020: Sumatra Barat- Kepulauan Riau- Jambi- Bengkulu- Bangka Belitung- Smatera Selatan- Lampung- Banten- DKI Jakarta- Jawa Barat- Jawa Tengah- DI Yogyakarta- Jawa Timur- NTT- Kalimantan Barat- Kalimantan Tengah- Kalimantan Utara- Kalimantan Timur- Sulawesi Tengah- Sulawesi Barat- Sulawesi Selatan- Sulawesi Tenggara- Maluku- Papua Barat dan Papua 

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin. Selain itu, kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau agar selalu waspada.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam melalui call center 021-6546315/18;- http://www.bmkg.go.id;- follow media sosial @infoBMKG;- atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (adr)

(redaksi)