Minggu , 29 Maret 2020

Parasite Masuk Nominasi Film Terbaik di Academy Awards ke-92

16 Januari 2020 05:04 WIB


Parasite masuk nominasi film terbaik (best picture) di Academy Awards. (Dok. Academy Awards).


Solotrust.com - Parasite, film Korea Selatan karya sutradara Bong Joon Ho berhasil masuk 6 nominasi sekaligus di Academy Awards atau Piala Oscar ke-92, termasuk film terbaik.



Dengan ini, "Parasite" menjadi film Korea Selatan pertama dalam sejarah yang berhasil masuk ke daftar nominasi final The Academy of Motion Picture Arts and Sciences untuk memperebutkan Piala Oscar.

Selain nominasi film terbaik (best picture), "Parasite" juga masuk nominasi untuk best directing, best original screenplay, best international feature film, production design, dan film editing.

Untuk Best Picture, "Parasite" bersanding dengan sederet film lain yakni "The Irishman", "Jojo Rabbit", "Ford v Ferrari", "Little Women", "Joker", "Marriage Story", "Once Upon a Time in Hollywood", dan "1917."

Dalam kategori best direction, Bong Joon Ho bersanding dengan Sam Mendes dari "1917", Todd Phillips dari "Joker", Martin Scorsese dari "The Irishman", dan Quentin Tarantino dari "Once Upon a Time in Hollywood."

Untuk kategori best original screenplay, "Parasite" bersanding dengan "Knives Out" yang ditulis oleh Rian Johnson, "Marriage Story" oleh Noah Baumbach, "1917" oleh Sam Mendes dan Krysty Wilson-Cairns, dan "Once Upon a Time in Hollywood" oleh Quentin Tarantino.

Untuk kategori best international feature atau best foreign language film, "Parasite" bersanding dengan "Corpus Christi" dari Polandia, "Honeyland" dari North Macedonia, "Les Miserables" dari Perancis, dan "Pain and Glory" dari Spanyol.

Sedangkan untuk kategori best production design, "Parasite" bersanding dengan "The Irishman", "Jojo Rabbit", "1917", dan "Once Upon a Time in Hollywood". Film itu juga bersanding dengan "The Irishman", "Ford v Ferrari", "Jojo Rabbit", dan "Joker" untuk kategori best editing.

"Parasite" adalah film satir yang menggambarkan sistem kelas sosial yang mengakar melalui kehidupan keluarga kaya dan miskin. Film ini berhasil meraih penghargaan film berbahasa asing terbaik di Golden Globe Awards, yang diumumkan Senin (6/1) lalu.  Itu adalah pertama kalinya dalam sejarah ada film buatan Korea Selatan yang memenangkan penghargaan Golden Globe.

Sejak dirilis di AS pada bulan Oktober, film ini telah meraup lebih dari US$23 juta (sekitar Rp320 miliar), yang menjadikannya film terjemahan paling populer tahun ini.

Acara penghargaan Oscar ke-92  akan dilaksanakan 9 Februari mendatang di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, AS. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com