Senin , 26 Oktober 2020

Simpel! Ini Tips Cegah Mandiri Virus Corona

6 Februari 2020 11:11 WIB


Warga menggunakan masker untuk mengantisipasi infeksi virus corona (Sumber: Business Insider/Getty)

SEMARANG, solotrust.com – Wabah virus corona menjadi momok menakutkan bagi masyarakat. Sejauh ini, para ilmuan masih meneliti persebaran virus ini dari manusia ke manusia.

Melansir Portal Berita Resmi Polda Jateng, TribrataNews Polda Jawa Tengah, Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Prof Awaloedin Djamin Polda Jateng memberikan tips pencegahan mandiri agar terhindar dari infeksi virus corona ke tubuh.



“Ada beberapa tips untuk mencegah masuknya virus corona ke tubuh, di antaranya dengan melakukan cuci tangan setelah dan sebelum beraktivitas. Cuci tangan ini harus sesuai dengan ketentuan dari WHO. Cuci tangan dengan menggunakan sabun di air mengalir, mulai dari telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, ibu jari, serta jari telunjuk yang sering terlewatkan,” jelas Kombes Pol I Gusti Gede M Andhika, saat memimpin apel pagi di halaman Mapolda Jeteng, Kamis (06/02/2020).

Karumkit Bhayangkara menambahkan, selain sering mencuci tangan, disarankan pula menggunakan masker ketika berpergian. Penggunaan masker juga ada ketentuan dan hanya sekali pakai.

“Selain cuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas, kita juga melaksanakan pencegahan masuknya virus ini dengan menggunakan masker, baik masker N95 maupun masker bedah. Selain itu, ketika batuk harus ditutup dengan tisu atau sapu tangan. Jika tidak ada, tutup dengan siku tangan saat batuk atau bersin. Saat memasak makanan dari daging hewan dan telur upayakan matang karena penularan virus bisa melalui produk makanan hewani,” imbuh Kombes Pol I Gusti Gede M Andhika.

Karumkit Bhayangkara Prof Awaloedin Djamin juga berpesan agar selalu meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

“Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan serta olahraga teratur agar daya tahan tubuh tetap terjaga,” pungkasnya.

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com