Hard News

Identifikasi Tanggul Rawan Jebol, Relawan Susuri Sungai Dengkeng

Jateng & DIY

21 Desember 2017 16:44 WIB

Sungai Dengkeng, Klaten (dok. Humas Pemkab Klaten)

KLATEN, solotrust.com – Sejumlah relawan peduli sungai akan melaksanakan kegiatan penyusuran Sungai Dengkeng selama empat hari. Penyusuran dimulai pada Kamis (21/12/2017) hingga Minggu (24/12/2017).

Penyusuran dilakukan di sepanjang sungai dari Kecamatan Gantiwarno hingga Wonosari. Dari puluhan relawan yang terjun, akan dibagi menjadi empat kelompok di mana masing-masing berisikan 18 relawan.



“Sasaran dalam penyusuran Kali Dengkeng ini adalah memetakan dan mengidentifikasi tanggul yang rawan jebol ketika air sungai meluap,” tulis dalam keterangan resmi Pemkab Klaten.

Selain pemetaan tanggul, relawan yang terjun ke sungai juga akan membersihkan tumpukan sampah yang ada di sepanjang Kali Dengkeng. Dalam pemetaan yang dilakukan kali pertama ini juga untuk mengidentifikasi apakah ada rembesan air di sekitaran sungai, mengingat tanggul Sungai Dengkeng kerap jebol.

Sebelum penyusuran, Bupati Klaten Sri Mulyani memimpin apel di halaman Pendopo Pemkab Klaten. Sebagai simbol dibukanya kegiatan penyusuran Sungai Dengkeng, Bupati memberikan pelampung kepada salah satu relawan.

Dalam acara apel dihadir puluhan relawan dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, Dinas Pusda Taru Jawa Tengah, mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Senkom, Kokam, Srikandi Sungai, dan sejumlah komunitas sungai lainnya.

(way)