Jumat , 29 Mei 2020

Tata Cara Aqiqah Untuk Anak Perempuan dan Laki-Laki

13 April 2020 02:44 WIB


Solotrust.com, Tata Cara Aqiqah Untuk Anak Perempuan dan Laki-Laki – Kelahiran anak merupakan momen yang benar-benar ditunggu oleh setiap orang tua. Kehadiran buah hati dalam keadaan sehat dan selamat menjadi rasa syukur orang tua, dan dengan rasa syukur tersebut, orang tua menggelar yang namanya aqiqah. Biasanya setiap acara aqiqah, hasil sembelihannya dibagikan kepada tetangga atau kerabat dekat.

Aqiqah sendiri merupakan ajaran di dalam agama Islam dan merupakan sunnah Rasulullah Muhammad SAW. Biasanya aqiqah ini dilaksanakan tujuh hari setelah kelahiran si buah hati.



Mungkin bagi teman-teman solotrust yang baru saja memiliki momongan dan hendak melaksanakan aqiqah, alangkah baiknya mengetahui tata cara melakukan aqiqah baik untuk anak laki-laki maupun perempuan, namun sebelum membahas soal itu, berikut ini pengertian dari aqiqah sendiri.

Apa itu Aqiqah ?

Aqiqah sendiri adalah bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas kelahiran buah hati dalam keadaan sehat dan selamat. Biasanya aqiqah dilakukan pada hari ketujuh pasca kelahiran. Dalam aqiqah biasanya dilakukan penyembelihan hewan ternak berupa kambing.

Syarat Aqiqah Untuk Anak Laki-Laki Maupun Perempuan

1. Berat Kambing. Hal pertama yakni kambing harus memiliki berat badan yang sesuai dengan porsi badannya dengan artian badan kambing tidak kurus dan memiliki daging yang banyak

2. Kambing Dalam keadaan sehat. Hal kedua yang harus teman-teman ketahui yakni kambing dalam keadaan sehat. Hal ini sangat diwajibkan untuk memilih kambing sehat.

3. Kambing Harus Berumur enam Bulan. Yang ketiga yakni kambing harus berumur minimal enam bulan. Kalian harus selektif ya dalam memilih kambing, karena kambing yang diperbolehkan untuk menjadi aqiqah yakni minimal berumur enam bulan atau kambing dewasa.

Tata Cara Melakukan Aqiqah Untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan

1. Menyembelih Kambing. Aqiqah sendiri memang identik dengan daging kambing

2. Memasak daging aqiqah. Masaklah daging dalam bentuk sate/gulai/lainnya.

3. Memakan sebagian dari daging aqiqah. Dari hadis yang diriwayatkan al-Bayhaqi, sudah dijelaskan bahwa sebagian daging aqiqah harus dimakan, sedangkan untuk sebagian yang lain bisa dibagikan kepada tetangga atau kerabat dekat.

4. Mencukur Rambut Bayi dan Memberikan Nama saat Aqiqah. Tata cara aqiqah yang keempat yakni dengan mencukur rambut bayi yang baru lahir dan memberikan nama. Dalam tata cara aqiqah menurut agama Islam, orang tua memberikan nama yang menurutnya baik. Baik disini dalam artian memiliki makna untuk masa depannya kepada anak yang baru lahir.

5. Mendoakan Bayi Pada Saat Acara Aqiqah. Tata cara yang terakhir yakni dengan mendoakan bayi pada saat acara aqiqah, dan berikut ini doanya.

" U'IIDZUKA BI KALIMAATILLAAHIT TAMMAATI MIN KULLI SYAITHOONI WA HAAMMAH. WA MIN KULLI 'AININ LAAMMAH."

Baca Juga: Syarat dan Cara Milih Aqiqah

Nah itu dia beberapa penjelasan mengenai aqiqah. Mungkin bagi teman-teman yang ingin mengadakan acara aqiqah di daerah Tangerang Selatan bisa langsung kunjungi https://www.karimaaqiqah.com/ tangerang. Di Karima Aqiqah, teman-teman bisa mendapatkan harga yang relatif murah dan juga layanan yang benar-benar profesional.

Dengan mengunjungi website tersebut, selain harga dan juga layanannya, teman-teman juga akan mendapatkan testimoni dari pelanggan yang pernah menggunakan jasa Karima Aqiqah. Testimoni sangat penting sekali, jadi jangan sepelekan soal testimoni karena jasa yang tanpa testimoni sangat diragukan pelayanannya, sedangkan jasa yang memiliki testimoni banyak dari pelanggan sudah dipastikan terjamin pelayanannya.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com