Minggu , 31 Mei 2020

Arti, Hukum, dan Juga Manfaat dari Melakukan Aqiqah yang Perlu Kalian Ketahui

13 April 2020 14:45 WIB


Solotrust.com, Arti, Hukum, dan Juga Manfaat dari Melakukan Aqiqah yang Perlu Kalian Ketahui – Hallo teman-teman, bagaimana kabar kalian ditengah Pandemi Covid-19 ini ? Semoga sehat selalu dan dalam perlindungan Allah SWT. Dan selalu ingat untuk #dirumahsaja jangan berpergian kemana-mana jika memang tidak penting.

Oke kali ini saya akan memberikan kepada kalian apa sih arti, hukum, dan juga manfaat dari kita melakukan aqiqah kepada si buah hati kita ?



Untuk pengertian aqiqah sendiri yakni merupakan bentuk syukur kita kepada Allah SWT atas kelahiran buah hati dengan selamat dan juga sehat. Biasanya aqiqah dilakukan tujuh hari setelah kelahiran anak dengan menyembelih hewan ternak seperti kambing. Jumlah hewan yang disembelih tentunya berbeda, untuk anak laki-laki diwajibkan menyembelih 2 ekor kambing, sedangkan untuk anak perempuan cukup 1 ekor kambing.

Untuk hukum aqiqah sendiri adalah sunnah, jadi tidak wajib bagi setiap orang tua untuk melakukan aqiqah kecuali bagi orang tua yang sudah bernadzar akan melakukan acara aqiqah ketika anaknya lahir.

Setelah membahas tentang pengertian dan juga hukum, kali ini akan membahas ketentuan aqiqah. Apa saja sih ketentuan dalam melakukan aqiqah ?

  1. Hewan ternak yang disembelih harus berupa kambing atau domba. Disini hewan ternak direkomendasikan minimal harus berumur enam bulan atau dewasa, jadi sangat tidak dianjurkan untuk menyembelih hewan ternak dengan umur dibawah enam bulan.
  2. Untuk anak laki-laki diwajibkan menyembelih dua hewan ternak, sedangkan untuk anak perempuan cukup satu hewan ternak.
  3. Sebelum dibagikan kepada tetangga, fakir miskin, atau kerabat dekat, daging harus dimasak terlebih dahulu dengan matang.
  4. Untuk orang tua yang melaksanakan aqiqah boleh menyicip sedikit bagian dari aqiqah tersebut, kecuali bagi orang tua yang sudah bernadzar atau janji.

Manfaat dari Melaksanakan Acara Aqiqah

Untuk manfaat sendiri tentunya sangat banyak sekali, dan berikut ini beberapa manfaat yang harus teman-teman ketahui dari melaksanakan acara aqiqah.

  1. Kita secara tidak langsung telah mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam.
  2. Mengikuti Sunnah Rasulullah Muhammad SAW.
  3. Sebagai bentuk syukur kita kepada Allah SWT atas lahirnya buah hati dengan selamat dan juga sehat.
  4. Secara tidak langsung juga mengajak diri ini untuk berbagi kepada sesama, baik itu kepda tetangga, kerabat maupun fakir miskin.
  5. Mengajak orang tua untuk mendidik dan membina buah hatinya untuk menjadi anak yang shaleh dan shalehah.

Pelaksanaan Aqiqah

Untuk pelaksanaan aqiqah sendiri seperti yang saya katakan diatas yakni sunnah pada hari ketujuh dari anak dilahirkan. Bagi orang tua yang mampu atau dengan kata lain perekonomian memadai sangat dianjurkan untuk melaksanakan aqiqah sesegera mungkin, bagi orang tua yang tidak mampu melaksanakan aqiqah tidak apa-apa untuk tidak melaksanakan aqiqah an.

Nah itu dia teman-teman beberapa penjelasan mengenai aqiqah. Bagi teman-teman yang tinggal di kota Jogjakarta, saya ada rekomendasi jasa aqiqah yakni Balqis Aqiqah atau teman-teman bisa kunjungi langsung websitenya https://www.balqisaqiqah.com/ Jogjakarta. Kenapa saya rekomendasikan Balqis Aqiqah ? Karena dari segi harga sangat bersahabat, layanan sangat profesional dan juga telah memiliki testimoni dari pelanggan dan tentu, dengan banyaknya testimoni semakin memantapkan kita untuk memilih jasa tersebut.

Sekian info dari saya mengenai aqiqah, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi teman-teman yang hendak melaksanakan acara aqiqah.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com