Kamis , 13 Agustus 2020

Konser Ngamen Onlen: Ngrabuk Nyawa, Sebuah Upaya Kreatif Para Pelaku Seni Menyiasati Keadaan Pandemi Covid-19

07 Mei 2020 23:54 WIB


Suasana pembuatan trailler Konser Onlen: Ngrabuk Nyawa.


Solotrust.com- Pandemi virus corona yang masih menyebar di tanah air dan juga di berbagai negara membuat sebagian besar para seniman dan pekerja seni harus tiarap dari berbagai aktivitas, yang seharusnya bisa menjadi ladang untuk mencari nafkah.



Banyaknya agenda seni budaya yang dibatalkan atau ditunda karena tidak diperkenankannya untuk melakukan pengumpulan massa, membuat nasib para pekerja seni dan juga seniman harus terkatung – katung karena tidak adanya pemasukan guna mencukupi berbagai kebutuhan hidup sehari – hari. Untuk itu para seniman maupun pekerja seni secara otomatis dituntut untuk semakin lebih kreatif dalam menyikapi keadaan pandemi ini.

Menangkap realitas tersebut, Rumah Banjarsari bekerjsama dengan Kresna TV kemudian berinisiatif untuk mengadakan sebuah pertunjukan online dengan sebuah tajuk “Konser Ngamen Onlen: Ngrabuk Nyawa.”

Zen Zurkanaen atau akrab disapa Pak Peng selaku Pimpinan Program Rumah Banjarsari saat ditemui Solotrust.com di sela – sela pembuatan trailler Konser Ngamen Onlen di Rumah Banjarsari pada Rabu (6/5/2020) malam mengatakan, “ Program Konser Ngamen Onlen bertujuan untuk melawan dampak sosial – ekonomi akibat pandemi bagi para seniman seni pertunjukan dan juga kru pendukung produksi seni pertunjukan. Selain itu program ini juga merupakan sebuah katarsis untuk melepas stress akibat dari tekanan kondisi yang belum juga usai dan juga untuk memecah kebosanan yang dialami selama ini.”  

“Di samping itu progam ini juga untuk menyampaikan pentingnya disiplin diri untuk melawan penyebaran pandemic Corona Virus yakni dengan menunjukkan pentingnya melakukan aktivitas terbatas yang produktif dengan tetap menerapkan protokoler untuk mencegah penyebaran virus.” lanjut Pak Peng menambahkan.

Rencananya program Konser Onlen: Ngrabuk Nyawa akan ditayangkan secara live melalui penayangan channel Youtube Rumah Banjarsari pada tanggal 13 Mei 2020 pukul 20.00 WIB dan juga siaran tunda di Kresna TV. Pada setiap penayangan nantinya akan dicantumkan alamat rekening bagi para penonton, apresiator yang ingin saweran suka rela.

Pendapatan dari saweran atau donasi nantinya akan dibagi menjadi dua, yakni 20 % akan masuk ke Program Sosial Rumah Banjarsari lainnya yakni Lumbung Pangan Solidaritas, serta yang 80% nantinya akan digunakan untuk mengganti biaya produksi termasuk memberikan honor kepada seniman penampil dan juga kru produksi yang terlibat.

Ada pun line up untuk Konser Ngamen Onlen: Ngrabuk Nyawa pada penayangan perdana kali ini akan menampilkan musik karya komposer Gondrong Gunarto yang akan dibawakan oleh GonGun and Friends ( Gondrong Gunarto, Gempil Rano Prasetyo, Agus Pras Ireng, Adam Lanu Guana, Gembyang Abad Enggal, Sigit Pratama, Daeng Misbach, Tutut Tutty) berkolaborasi dengan koreografi tari karya Danang Pamungkas yang akan ditarikan oleh Dewi Galuh Sinta Sari. (dd)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com