Pend & Budaya

Kolaborasi Seni Tari Studio Plesungan dengan Talenta Mancanegara dalam Pertunjukan On Stage Edisi ke-17

Pend & Budaya

26 Maret 2024 18:01 WIB

Studio Plesungan menghadirkan program On Stage edisi ke-17 bertajuk The Precise Experience berkolaborasi bersama Ashley Hi dan Domenik Naue di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah, Solo, Selasa (26/03/2024). (Foto: Dok. solotrust.com/Fredy Hengki Setiawan)

SOLO, solotrust.com - Studio Plesungan kembali menghadirkan program rutin On Stage edisi ke-17 bertajuk 'The Precise Experience' berkolaborasi bersama Ashley Hi dan Domenik Naue. Acara dihelat di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah, Solo, Selasa (26/03/2024).

The Precise Experience merupakan pertunjukan berbasis pada skor yang dibangun berdasarkan latihan gerak, mengeksplorasi tekanan fisik, mengungkapkan kegembiraan, kenikmatan, dan keintiman yang dapat muncul dari rasa sakit, paksaan, dan beban disepakati bersama.



Pertunjukan ini merupakan proyek residesi kolaborasi Studio Plesungan dengan Ashley Ho dan Domenik Naue yang merupakan partner seni sejak 2019, berasal dari program seni tari/penciptaan di ArtEZ University of the Arts Amsterdam.

Ashley dan Domenik menyampaikan beberapa pesan dari pertunjukannya untuk menemukan sensabilitas dalam tekanan fisik dan emosional.


“Pesan yang ingin disampaikan dari pertunjukan ini, yaitu untuk menemukan dan menjaga sensabilitas di dalam tekanan fisik dan emosional,” kata Razan sebagai penerjemah di lokasi.

Ashley dan Domenik mengungkapkan, tari sebagai perangkat arkeologis dan praktik gerak yang mengolah luar dan dalam diri. Menurutnya, ada beberapa kesulitan karena adanya ide yang berlawanan.

“Kesulitannya itu pada suatu ide yang berlawanan dan memiliki suatu kesesatan, namun akhirnya ketika membuat suatu seni tari memiliki keseimbangan yang sama dalam prosesnya,” kata Razan.

*) Reporter Aznan Habibi/Fredy Hengki Setiawan/Andrian Kartikatama

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya