Kamis , 2 Juli 2020

Keraton Surakarta Sambut Datangnya Malam Lailatul Qadar Dengan Kegiatan Sederhana

14 Mei 2020 15:49 WIB


Kegiatan Malem Selikuran Keraton Surakarta.

Solotrust.com- Pada bulan Ramadan, malam Lailatul Qadar merupakan sebuah malam yang penting dan digambarkan di dalam Al Quran sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan, serta diperingati sebagai malam diturunkannya Al Quran. Malam tersebut jatuh tepat pada malam ke- 21 Bulan Ramadan.

Malam Lailatul Qadar pada bulan Ramadan di tahun ini jatuh 13 Mei 2020. Guna menyambut datangnya malam Lailatul Qadar, Keraton Surakarta Hadiningrat yang menjadi salah satu keturunan Karaton Mataram Islam pun mengadakan acara Hajad Dalem Malem Selikuran pada Rabu (13/5/2020).



Pada unggahan akun Instagram @kraton_solo dijelaskan tentang kegiatan Malem Selikuran yang diadakan oleh Keraton Surakarta.

“Pada bulan puasa yang bertepatan dengan malam ke-21 Karaton Surakarta Hadiningrat rutin menggelar ritual pembagian seribu tumpeng dan lebih dikenal dengan sebutan malem selikuran.” bunyi caption pada unggahan foto kegiatan Malem Selikuran tertanggal (13/5/2020).

Dalam lanjutan caption tersebut dijelaskan pula bahwa tradisi menyambut Malam Lailatul Qadar atau 10 hari terakhir di Bulan Ramadan diadakan semenjak pemerintahan Sinuhun Pakubuwono IX – X hingga saat ini. Tujuan diadakan Malem Selikuran tersebut merupakan salah satu perwujudan sedekah Raja kepada masyarakatnya.

Berhubung saat ini pandemi covid-19 maka kegiatan tersebut diadakan secara sederhana di dalam Keraton.

Kegiatan Wilujengan menyambut datangnya malam Lailatul Qadar oleh Keraton Surakarta diadakan di Bangsal Smarakata pada malam hari dan dipimpin oleh Rayi Dalem, KGPH Adipati Dipokusumo serta diikuti oleh para Abdi Dalem Ulama Karaton Surakarta Hadiningrat.

Sementara itu kegiatan pada sore hari, pihak Karaton Surakarta dipimpin oleh KGPH Adipati Dipokusumo juga membagikan masker, samir, nasi kardus serta takjil yang dibagikan kepada para abdi dalem serta masyarakat setempat. Lokasi pembagian berada di depan Kompleks Kamandungan Karaton Surakarta.

Dalam unggahan insta story di akun Instagram @kraton_solo, tampak dari sore hari sudah ada berbagai persiapan kegiatan yang dipimpin oleh KGPH Adipati Dipokusumo hingga kegiatan Wilujengan malam harinya beserta para Abdi Dalem Karaton Surakarta. Kali ini kirab lampu ting tidak diadakan seperti Malem Selikuran tahun – tahun sebelumnya dikarenakan masih adanya pandemi wabah covid-19. (dd)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com