Selasa , 20 Oktober 2020

Suga BTS Berbagi Pemikirannya Seputar D-2, Mixtape Keduanya

23 Mei 2020 16:08 WIB


Suga BTS dalam "Daechwita" (Dok. Big Hit Entertainment)

 

Solotrust.com - Suga BTS kembali dengan mixtape keduanya bertajuk "D-2" pada 22 Mei 2020. Ia merilis mixtape pertamanya "Agust D" pada Agustus 2016 silam.



Ada 10 lagu dalam mixtape ini, yangmana dalam beberapa lagu ia berkolaborasi dengan penyanyi lain yakni RM BTS dalam lagu "Strange", Max dalam lagu "Burn It", NiiHWA dalam lagu "28", dan Kim Jong Wan NELL dalam lagu "Dear My Friend". Enam lagu lainnya adalah "Daechwita", "Moonlight", "What Do You Think", "People", "Honsool", dan "Interlude: Set Me Free".

Suga berbagi berbagai pemikirannya tentang mixtape ini dengan Billboard, yang diunggah di laman media itu pada hari rilisnya mixtape.

Ketika ditanya dimana ia mendapatkan inspirasi musik untuk mixtape ini, Suga mengatakan, "Jawaban atas pertanyaan ini selalu sama: setiap saat dan setiap kejadian. Merupakan kebiasaan saya untuk merekam dan membuat catatan, jadi kadang-kadang, saya mendapatkan kejutan yang menyenangkan ketika saya menggali dan menemukan kembali lirik. Beberapa lirik yang saya tulis tanpa pikir, terkadang menjadi sangat berharga."

Ketika ditanya apakah pendekatannya dalam penciptaan lagu-lagu di mixtape ini berbeda dari mixtapenya sebelumnya, ia mengatakan, "Semuanya lebih santai. Saya agak intens di tahun 2016. Semuanya dengan kekuatan penuh, kekuatan penuh. Saya benar-benar mendengarkan mixtape saya sebelumnya saat mengerjakan yang baru, dan jika saya diminta untuk melakukannya lagi, saya bisa mengatakan saya tidak akan bisa. Saya sangat senang bahwa itu didokumentasikan apa adanya."

Suga juga berbagi pemikirannya tentang perbedaan antara "D-2" dan "Agust D". Jika "D-2" ia katakan lebih santai, untuk "Agust D" dia mengatakan, "Mixtape saya sebelumnya lebih fokus pada menjadi lebih baik di rap, lebih baik dalam membuat musik, suara, mix, master dan sebagainya. Saya telah bekerja pada lebih banyak proyek sejak saat itu dan tidak benar-benar berusaha menjadi sempurna. Kesempurnaan adalah istilah yang sulit dipahami. Saya hanya melakukan yang terbaik."

Terkait judul "D-2", Suga juga menjelaskan maksud dibaliknya. Ia mengatakan, "Saya suka kejutan, jadi saya datang dengan promosi rilis sendiri. Saya tidak ingin merilisnya pada D-DAY, dan juga tidak puas dengan hanya Agust D 2. Jadi saya ingin merilisnya pada D-2 untuk mengejutkan orang-orang yang menunggu untuk rilisnya lagu itu pada D-DAY."

Ketika ditanya tentang apa yang ia harapkan dari pendengar yang mendengarkan mixtapenya kali ini, mengingat mixtape ini berisi pengalaman emosional dan berbagai pandangannya seputar dirinya sendiri dan terhadap dunia, Suga menjawab, "Ini adalah bagaimana saya hidup sejak 16 Agustus 2016. Jika mixtape sebelumnya berfokus pada menceritakan masa lalu, yang baru ini adalah tentang masa kini."

Dalam wawancara ini Suga juga memilih salah satu lirik yang dia ingin pendengar bisa mendengarkannya, yakni dalam lagu "People". Lirik itu adalah “Jadi bagaimana, jika kita hidup seperti itu, lalu bagaimana.

Keistimewaan saya adalah hal biasa bagi Anda. Hal biasa saya adalah keistimewaan bagi Anda".

Suga juga berbagi seputar ide awalnya menggunakan elemen budaya Korea dalam "Daechwita". Ia mengatakan, "Semuanya dimulai dengan upacara seremonial sang Raja. Daechwita dimainkan selama pawai militer dan saya terinspirasi untuk mencoba irama ketukannya, dan karena lagu ini memasukkan banyak elemen musik tradisional Korea, masuk akal juga untuk merekam video musik di situs pembuatan film bersejarah Korea. Bukan maksud saya dengan sengaja memasukkan aspek-aspek Korea. Itu lebih merupakan proses alami yang memiliki ide-ide menarik bermunculan di sepanjang jalan."

Ketika ditanya apakah ia merasakan perbedaan antara Suga, Agust D dan Min Yoongi, dia menjawab, "Bisa dibilang ada dan tidak ada perbedaannya. "Aku" dan "Aku" dan "Aku." Mereka berbeda dan sama." (Lin)



(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com