Selasa , 24 November 2020

Joohoney Monsta X Puncaki Chart iTunes di Berbagai Negara dengan Mixtape Psyche

13 Oktober 2020 16:45 WIB


Joohoney dalam "Psyche" (Dok. Starship Entertainment)

Solotrust.com- Joohoney Monsta X kembali dengan mixtape bertajuk "Psyche" dengan lagu utama "Smoky" pada 9 Oktober 2020. Mixtape itu terdiri dari 7 track yakni "Intro: Ambition", "Psyche", "DIA", "Smoky", "King", "Dark & Cloudy", dan "Wingsuit".

Mixtape itu disambut hangat fans internasional dan berhasil memuncaki chart iTunes di berbagai negara segera setelah dirilis. Mengutip dari data akun fans "Monbebe, Are You There" di Twitter (@MbbAreYouThere), mixtape itu tercatat menempati posisi pertama di 8 negara yakni Brazil, Chile, India, Nikaragua, Polandia, Rumania, Arab Saudi, dan Polandia.



Sementara itu, sehari setelah dirilis, mengutip dari Sports Chosun via Soompi, mixtape itu berhasil memuncaki chart iTunes K-Pop di 16 negara yakni AS, Prancis, Jerman, Swedia, Polandia, Denmark, Australia, Selandia Baru, Spanyol, Rumania, Brazil, Meksiko, India, Italia, Chile, dan Turki.

Berdasarkan keterangan yang tertulis di cover mixtape, "Psyche" (atau dibaca seperti sai-ki) mengacu pada kata benda yang berarti pikiran, pemikiran terdalam, perasaan atau kepercayaan dari seseorang atau grup, dan juga inner self (batin).

Dalam MV "Smoky", Joohoney tampil dalan visual monokrom. Ia terlihat berlari menembus asap, seolah mencari kejernihan. Terdapat lirik seperti "Bisakah kau mendengarku?  Seseorang datanglah membantuku sekarang. Aku tersesat dan aku ingin ditemukan. Di depanku berasap, berasap."

Ada berbagai ekspresi yang terlihat menguras emosi dalam MV ini, misalnya saat ia berteriak tanpa suara sambil menutupi telinganya. Namun Joohoney juga melantunkan lirik yang menguatkan di lagu ini, seperti "Semuanya hanyalah pada saat ini. Percayalah pada diri sendiri".

Track lain misalnya "Wing Suit", yangmana ia berkolaborasi dengan sahabatnya TEM atau Esther Gongju Tham, yang dulu pernah menjadi rapper girlgroup 4TEN. Suara anak TEM yang bernama Oli, yang kerap berinteraksi dengan Jooheon maupun anggota Monsta X yang lain juga dapat didengar di lagu ini.

Lirik TEM terdengar positif dan penuh rasa syukur atas kehidupannya sekarang, yakni "Keluarga saya mendukung saya, seluruh pasukan pendukung saya. Saya diberkati oleh yang terbaik, terima kasih Tuhan bahwa saya bahagia. Apa yang Anda katakan tidak akan menyakiti saya, saya tahu saya layak. Bayi saya adalah Oli, dan saya adalah ibunya. Saya bersyukur atas kehidupan yang telah diberikan untuk saya."

TEM juga menyemangati para pendengar untuk terus bermimpi, yakni dalam lirik, "Kejar mimpi sepenuhnya. Berusahalah lebih keras sampai kamu mendapatkannya. Saya sangat beruntung bisa melakukan apa yang ingin saya lakukan. Bergabunglah dengan perjalanan ini jika kamu merasakan apa yang saya rasakan, angkat tangan tinggi-tinggi ke arah langit-langit. Jalani hidup yang selalu kamu impikan." (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com