Kamis , 3 Desember 2020

BREAKING NEWS: Pacitan Diguncang Gempa, Getaran Terasa Hingga Sukoharjo

22 Juni 2020 05:13 WIB


Ilustrasi

PACITAN, solotrust.com- Wilayah selatan Pulau Jawa kembali guncang gempa. Kali ini gempa dengan kekuatan manitudo (M) 5,1 terjadi di 91 km arah selatan Pacitan, Jawa Timur pada Senin (22/6/2020) pukul 02.33 WIB.

 Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami, BMKG, Rahnat Triyono melalui rilis yang diterima solotrust.com mengatakan, gempa yang terjadi pada kedalaman 91 km tersebut merupakan jenis gempa menengah akibat adany aktivitas subduksi.



“Hasil analisi mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault).” Terangnya.

Triyono menambahkan, gempa tersebut turut dirasakan di berbagai wilayah, seperti Kota Yogyakarta, Bantul, Sleman, Wonogiri, Tulungagung, Karangkates, Borobudur Magelang, Klaten, Sukoharjo dan beberapa daerah lainnya dengan MMI yang bervariasi.

Sementara itu di salah satu grup Whatsapp Info Cegatan Sukoharjo, beberapa wilayah juga merasakan getaran tersebut, seperti di Tawangsari dan Carikan.

“Tawangsari juga kerasa (gempa).” Ujar Bowo yang menjadi anggota di grup tersebut.

Sementara itu salah satu anggota grup yang lain, Ardhian Akbar mengatakan, ia baru dalam kondisi berbaring tiba-tiba kerasa gempa dan lari keluar  rumah.

“Lagi turu langsung mlayu (baru tidur langsung lari).” Katanya.

Hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan akibat gempa. BMKG mengimbau agar masyarakat tidak panik.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com