Selasa , 1 Desember 2020

Cara Hemat Menjalani Pola Makan Sehat

16 Agustus 2020 12:05 WIB


Ilustrasi.

 

JAKARTA, solotrust.com- Menerapkan pola makan sehat biasanya terkesan mahal dan memakan banyak waktu. Apalagi bila ingin mencontoh food blogger tertentu di media sosial.



Ada beberapa jenis makan sehat yang diklaim manfaatnya namun tidak tersedia di beberapa negara. Kalaupun ada, bahan pangan itu biasanya impor dan harganya sangat mahal.

Beberapa produk makanan sehat memang bisa mahal. Tetapi ada juga cara untuk menghemat uang di toko swalayan dan tetap makan makanan bergizi seimbang yang akan membuat kenyang dan berenergi. Berikut beberapa tips yang didukung ahli gizi.

 

1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan, lentil, kacang merah, kacang hijau, dan kacang polong merupakan sumber protein, serat, vitamin, dan mineral yang murah dan rendah lemak. Jenis panganan ini juga dihitung sebagai bagian dari lima porsi harian buah dan sayuran yang direkomendasikan.

"Anda akan terkejut melihat betapa terjangkaunya kacang dan biji-bijian ini," ujar ahli gizi Jenna Hope, seperti dilansir dari RTE.

Hope menyebutkan kacang-kacangan adalah sumber protein, vitamin B, dan serat makanan yang baik. Untuk mendapatkan jumlah yang lebih banyak dan berhemat, cobalah membeli varietas yang sudah dikeringkan.

 

2. Buah dan sayur beku

Pola makan sehat tidak selalu harus bersumber dari toko sayur dan buah organik segar yang mahal.

"Buah dan sayuran beku sering kali bergizi sama dengan yang segar. Jadi, ini adalah alternatif yang baik saat memikirkan ide makan malam yang murah," kata Rob Hobson, ahli gizi di Healthspan.

"Buah-buahan beku dapat ditambahkan ke dalam smoothie atau menu sarapan yang sehat, sementara sayuran seperti kacang polong, kembang kol, dan jagung manis dapat ditambahkan ke berbagai hidangan, termasuk sup dan semur."

 

3. Konsumsi ikan kalengan

Tidak mampu membeli salmon segar dari penjual ikan? "Ikan kaleng adalah cara murah yang bagus untuk memperbaiki asupan omega-3," kata Hope.

Omega-3 adalah asam lemak yang berperan penting dalam fungsi otak serta kesehatan usus dan tulang dalam tubuh.

"Cobalah memilih salmon dan makarel kalengan daripada varietas segar," tambahnya karena seringkali ikan yang sudah dikemas harganya lebih murah namun tidak mengurangi kandungan gizi di dalamnya.

 

4. Membuat perencanaan

Hobson percaya salah satu cara terbaik untuk mengelola anggaran makanan adalah dengan memetakan apa yang akan dimakan sepanjang minggu.

"Pikirkan tentang bagaimana Anda bisa menggunakan sisa makanan keesokan hari dan mengubahnya menjadi hidangan menarik lain juga," tambah Hobson. "Misalnya, sepanci cabai bisa digunakan sebagai isian makan siang untuk membuat Mexican Wrap. Cukup tambahkan krim asam, keju parut, dan sedikit alpukat untuk membuat camilan siang yang enak."

 

5. Manfaatkan seluruh sayuran dalam masakan

Gunakan pola "dari akar hingga ujung daun" dari sayur yang Anda konsumsi. "Misalnya, Anda bisa menggunakan kembang kol dan wortel dalam sup, memanggang biji labu dengan garam dan minyak untuk mengemil, dan menggunakan kulit sayur untuk membuat kaldu buatan sendiri," kata Hope.

Menurut Hope, semakin sedikit Anda membuang, semakin memperlama jadwal untuk ke toko swalayan sehingga Anda bisa menghemat uang dalam jangka panjang. #teras.id



(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com