Senin , 26 Oktober 2020

Sepanjang Agustus, Indonesia Diguncang Gempa 804 Kali

01 September 2020 16:23 WIB


Ilustrasi.

Solotrust.com- Selama bulan Agustus 2020, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat telah terjadi sebanyak 804 gempabumi di Indonesia.

Dari jumlah tersebut gempa magnitudo (M) > 5 sebanyak 27 kali dan gempa M<5 sebanyak 777 kali. Gempa yang dirasakan sebanyak 49 kali.



Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, bulan Agustus 2020 hanya terjadi 1 kali gempa merusak di Desa Sungai Gerong, Kabupaten Lebong, Bengkulu.

 “Gempa ini merupakan gempa kembar atau doublet earthquake yang terjadi pada 19 Agustus 2020 lalu dengan M6.6 dan M6.7,” ujar Daryono saat konferensi pers via ruang digital, Senin (31/8/2020).

Berdasarkan analisis BMKG sepanjang Agustus 2020, sejumlah wilayah yang berada di dekat zona aktif gempa perlu diwaspadai.

Wilayah-wilayah tersebut antara lain Banda Aceh, Bengkulu, Selat Sunda, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumba, Sigi dan Matano, Maluku Utara dan Sarmi.

Menyikapi kejadian bencana, masyarakat diimbau terus waspada dan siap-siaga dalam menghadapi ancaman bahaya, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

Setelah musim penghujan mereda, potensi bencana asap berupa kebakaran hutan dan lahan yang akan dihadapi.

Namun demikian, ancaman erupsi gunung api dan bencana geologi lainnya, seperti gempa bumi yang dapat memicu tsunami, dapat terjadi setiap saat. #teras.id

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com