Sabtu , 28 November 2020

Informasi Lengkap! Makna, Fungsi, Tujuan dan Contoh Surat Lamaran Kerja

01 September 2020 19:16 WIB


Solotrust.com - Tidak lengkap rasanya jika membahas contoh surat lamaran kerja tanpa menjelaskan makna pembuatan surat. Lantas, apakah makna pembuatan surat tersebut?
 
Setiap pelamar kerja pasti berlomba menemukan surat terbaik untuk dijadikan contoh. Kebanyakan mencari contoh surat lamaran kerja tersebut melalui browsing di internet. Dalam setiap tahun, mahasiswa yang lulus dari kampus sangat banyak. Hal ini dibarengi dengan pencari kerja dan lowongan yang tersedia. Hal inilah yang memicu setiap pelamar untuk mencari pekerjaan di perusahaan yang diinginkan.
 
Salah satu cara untuk memenuhi permintaan perusahaan tersebut adalah membuat surat lamaran kerja. Hal ini penting, karena selain nilai akademik yang bagus buatlah surat lamaran yang bagus. Karena surat lamaran inilah yang membuat peluang lebih besar untuk lanjut ke tahapan berikutnya. Namun sebelum belajar membuatnya, cari tahu dahulu apa saja fungsi pembuatan surat ini.

 

Apa Itu Surat Lamaran?

 
Surat lamaran merupakan surat yang dibuat oleh pelamar untuk melamar suatu posisi pekerjaan, pada perusahaan ataupun seseorang. Pelamar meminta agar diberikan kesempatan untuk dapat bekerja di perusahaan yang diinginkan. Karenanya, surat permohonan yang dibuat adalah surat resmi, sehingga perlu diperhatikan tata bahasanya.
 
Surat lamaran kerja dapat disampaikan untuk berbagai pihak. Tidak terbatas bagi perusahaan, surat pun dapat disampaikan pada instansi. Bahkan beberapa usaha minimarket pun kini menyeleksi karyawannya dengan surat lamaran pekerjaan. Jika dilihat sekilas, maka fungsi surat ini sangat penting. Namun, benarkah demikian? Cari tahu dibagian selanjutnya.

 

Fungsi Surat Lamaran Kerja

 
Dalam membuat surat lamaran kerja, penting untuk anda memahami apa saja fungsi pembuatan surat tersebut. Jika belum memahaminya, ulasan ini dapat membantu untuk memahaminya.

Pengajuan Resmi 

Untuk melamar sebuah pekerjaan di perusahaan, anda tidak dapat memintanya secara asal. Sebagai permohonan resmi, buatlah sebuah surat lamaran kerja. Dalam surat lamaran inilah dapat disampaikan penawaran bagi perusahaan. Penawaran dapat berupa skill ataupun sertifikat yang dimiliki dan sesuai dengan kebutuhan lowongan.

Bahan Pertimbangan

Hal lainnya adalah surat lamaran kerja berfungsi sebagai bahan pertimbangan. Dalam hal ini surat lamaran dimanfaatkan oleh perusahaan untuk meyakinkan diri menerima atau tidak anda. Karenanya surat ini perlu dituliskan dengan benar, sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya. Dalam hal ini, menunjukkan skill dan kemampuan yang dimiliki.

Alat Komunikasi

Fungsi lainnya adalah surat lamaran kerja dimanfaatkan sebagai alat komunikasi. Berkas lainnya tidak dapat dimanfaatkan sebagai alat komunikasi kepada perusahaan. Untuk itu, surat lamaran harus dibuat dengan maksimal sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami. Namun ingat, jangan bertele-tele dan membuat pembaca kebingungan.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Dan inilah bagian inti dan dinantikan, contoh dibawah ini merupakan contoh surat untuk melamar pada instansi pemerintahan dengan format tertentu.
 
Surabaya, 12 November 2005
 
Lampiran             : 7 berkas
 
Perihal                  : Lamaran CPNS Daerah Kota Surabaya
 
Kepada Yth.
 
Bapak Walikota Surabaya
 
Di Surabaya
 
Salam hormat,
 
Yang bertanda tangan dibawah ini:
 
Nama                                    : Mustofa Ibrahim
 
Tempat Tanggal Lahir     : Surabaya, 25 Maret 1987
 
Pendidikan Terakhir        : S1 Administrasi Publik
 
Nomor Telepon                                : 021252525258
 
Alamat                                  : Jl. Pahlawan Senja No. 99, Ngamplol, Surabaya
 
Dengan ini mengajukan permohonan kepada bapak, dengan harapan dapat diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya pada jabatan staf administrasi kode jabatan SA12345.
 
Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya dilampirkan berkas lamaran dengan lampiran sebagai berikut:
  • Pas foto terbaru ukuran 3X4 (2 lembar)
  • Fotokopi ijazah terakhir
  • Fotokopi transkrip nilai
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  • Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  • Surat pernyataan bermaterai
  • Daftar riwayat hidup
 
Demikian disampaikan, besar harapan saya kiranya dapat diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah Kota Surabaya. Atas perhatian bapak, diucapkan terima kasih.
 
Hormat Saya,
 
Mustofa Ibrahim
 
Menemukan contoh surat lamaran di google memanglah pekerjaan yang mudah. Namun menemukan contoh surat lamaran kerja yang dapat menarik perhatian perusahaan adalah hal yang sulit. Di sinilah anda dituntut untuk menemukan contoh terbaik dan siap dimanfaatkan untuk melamar di perusahaan yang diimpikan atau justru contoh di atas adalah contoh yang dicari selama ini.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com