Minggu , 16 Mei 2021

Tak Ada Grebeg Maulud, Keraton Kasunanan Gelar Wilujengan

04 November 2020 12:31 WIB


Wilujengan pengganti Grebeg Maulud di Keraton Kasunanan Surakarta (Foto: Instagram-@kraton_solo)

SOLO, solotrust.com - Keraton Kasunanan Surakarta di kala pandemi seperti sekarang urung melakukan berbagai upacara tradisi melibatkan banyak orang, salah satunya Grebeg Maulud. Pihak keraton pun lantas menggantinya dengan prosesi wilujengan pada 29 Oktober 2020 lalu.

"Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Keraton Surakarta pada 12 Mulud Jimakir 1954 atau 29 Oktober 2020 menggelar wilujengan," tulis akun Instagram @kraton_solo dalam sebuah unggahannya, Selasa (03/11/2020).



Agenda kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Biasanya Grebeg Maulud dilakukan dengan dikeluarkannya gamelan Kyai Sekati dan ditabuh di area Masjid Agung. Prosesi kemudian dilanjutkan arak-arakan gunungan dari dalam keraton dan biasanya diperebutkan masyarakat.

Kendati dilakukan berbeda, namun prosesi wilujengan yang diselenggarakan di Kagungan Dalem Bangsal Smarakata tidak mengurangi esensi acara. Dalam wilujengan kali ini, KGPH Adipati Dipokusumo selaku Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta meminpin jalannya acara yang dilangsungkan secara terbatas dan tertutup. (dd)

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Karaton Surakarta pada 12 Mulud Jimakir 1954 atau 29 Oktober 2020 mengggelar wilujengan. Agenda tahun ini berbeda dengan agenda tahun-tahun sebelumnya di mana biasanya digelar Garebeg Mulud degan rangkaian acara miyos Gangsa dan kondur Gangsa gamelan pusaka Kyai Sekati yang di tabuh di pagongan di area Kagungan Dalem Masjid Ageng yang dilanjutkan dengan keluarnya gunungan dari dalam Karaton. Untuk tahun ini Karaton menggelar wilujengan di Kagungan Dalem Bangsal Smarakata dengan tanpa mengurangi esensi dari acara tersebut. Yang bertugas untuk memimpin acara kali ini adalah K.G.P.H Adipati Dipokusumo selaku Pengageng Parentah Karaton. Acara digelar secara terbatas dan tertutup dan diikuti oleh santana dalem dan abdi dalem dengan menerapkan protokol kesehatan. #kratonsolo #keratonsolo #surakarta #surakartahadiningrat #kotasolo #garebegmulud #soloinfo

Sebuah kiriman dibagikan oleh KARATON SURAKARTA HADININGRAT (@kraton_solo) pada


(redaksi)
  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com