Minggu , 29 November 2020

BLACKPINK Jadi Artis Pop Paling Berpengaruh di Dunia Versi Bloomberg

13 November 2020 08:09 WIB


BLACKPINK (Dok. YG Entertainment)

Solotrust.com - BLACKPINK dipilih Bloomberg sebagai artis pop paling berpengaruh di dunia. Grup itu memuncaki rangking "Pop Star Power" Bloomberg untuk bulan Oktober 2020. Ini adalah untuk pertama kalinya ada artis Asia yang memuncakinya.

Berdasarkan keterangan Bloomberg via laman resminya (10/11/2020), peringkat untuk artis pop paling berpengaruh di dunia itu dihitung setiap bulannya berdasarkan enam kriteria yakni pendapatan kotor tiga bulan dari pertunjukan langsung, penjualan tiket selama 30 hari untuk pertunjukan langsung, penjualan album dan streaming lagu dalam empat minggu, total interaksi 30 hari di Instagram, dan penayangan YouTube selama empat minggu.



"BLACKPINK telah menjadi artis paling populer di YouTube selama beberapa bulan terakhir, menghasilkan lebih dari 1 miliar penayangan pada bulan Oktober saja. Grup ini juga menjadi artis terpopuler kedua di Spotify," kata Bloomberg.

"Meskipun album mereka gagal debut di #1 di AS, itu masih menjadi salah satu dari 10 album terlaris di negara itu untuk bulan itu. Secara keseluruhan, BLACKPINK adalah artis musik terbesar di dunia menurut peringkat 'Pop Star Power'," lanjut Bloomberg.

Bloomberg juga mengatakan bahwa  bersamaan dengan boygroup BTS, BLACKPINK telah mencapai tingkat popularitas global yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah musik.

"Musisi yang berbicara bahasa Inggris telah berkeliling dunia selama beberapa dekade. Musisi yang berbicara bahasa Spanyol telah mulai menduduki puncak tangga lagu di belahan bumi Barat selama dekade terakhir. Tetapi hanya dalam beberapa tahun terakhir ini artis dari Asia mengembangkan pengikut yang begitu kuat di seluruh AS, Eropa, dan Amerika Latin," kata Bloomberg.

AS, Brasil, dan Meksiko adalah tiga dari enam pasar terbesar di Spotify untuk single baru Blackpink "Lovesick Girls". “Bahasa tampaknya tidak menjadi penghalang di dunia saat ini. K-Pop benar-benar telah masuk ke budaya mainstream," kata Erlich, yang sekarang menjadi co-head of music Spotify.

BLACKPINK juga telah mengibarkan benderanya di AS tahun lalu, dengan tampil di Coachella, festival musik terbesar di Amerika Utara. Grup ini kemudian meningkatkan fandom globalnya dengan melakukan tur di Eropa.

Dalam daftar itu BLACKPINK diikuti oleh sejumlah artis global lain yakni Pop Smoke, Cardi B, Justin Bieber, Juice WRLD, Drake, Ariana Grande, Maluma, DaBaby, BTS, 21 Savage, Dua Lipa, Billie Eilish, Post Malone,  Camilo, The Weeknd, Ozuna, J Balvin, Harry Styles, Shawn Mendes, Neha Kakkar, Machine Gun Kell, Lil Baby, Snoop Dogg, dan Metro Boomin. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com