Hard News

Antisipasi Erupsi Merapi, Polda Jateng Siaga Posko Tanggap Bencana

Jateng & DIY

17 November 2020 20:31 WIB

Aparat berjaga di pintu masuk wisata Gunung Merapi (Dok. Istimewa)

MAGELANG, solotrust.com - Satuan Brimob Polda Jateng telah disiagakan di Posko Tanggap Bencana di Kabupaten Magelang guna mengantisipasi erupsi Gunung Merapi. Selain personel, Brimob juga menyiapkan peralatan SAR, dapur lapangan, water treatment, dan lima unit kendaraan truk untuk evakuasi warga.  

Komandan Batalyon A Pelopor, Kompol Supandi, mengatakan Brimob Polda Jateng menyiagakan personel dan peralatan SAR di lapangan Jumoyo, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang. Selain peralatan SAR, disiapkan pula dapur lapangan yang mampu memasak 1500 porsi makanan siap saji dalam waktu dua jam.



Water treatment digunakan untuk mengubah air kotor menjadi air minum dan lima unit kendaraan truk yang siap digunakan untuk mengevakuasi warga. Posko di Magelang ini didirikan atas perintah Dansat Brimob guna membantu warga terdampak Erupsi Gunung Merapi.

Selain di Magelang, Brimob Polda Jateng juga menyiagakan Posko di Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.  

"Kami dari Semarang mendirikan Posko di Magelang ini sebagai wujud kesiapan menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan jika erupsi sewaktu-waktu. Personel kami satu kompi sudah siap. Peralatan kami SAR lengkap dengan dapur lapangan dan water treatment sudah siap," pungkas Komandan Batalyon A Pelopor, dilansir dari Portal Berita Resmi Polri, TribrataNews, Selasa (17/11/2020).

(redaksi)