Hard News

Perluas Vaksinasi, Biofarma dan Klinik Cahaya Mitra Luncurkan Imunicare di Solo

Jateng & DIY

18 Maret 2021 09:59 WIB

Peluncuran layanan vaksinasi Imunicare Cahaya Mitra Solo, Rabu (17/03/2021)

SOLO, solotrust.com - Vaksinasi merupakan cara aman dan efektif guna mencegah penyakit, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO). Dengan divaksin, pihak yang terlindung dari penyakit tidak hanya diri sendiri, namun juga orang-orang di sekitarnya.

Salah satu imunisasi penting dilakukan adalah vaksinasi influenza (vaksin flu), terutama bagi pekerja di lapangan yang berisiko terkena penyakit, terutama saat musim hujan. Kendati secara fisiologis tubuh kita sudah memiliki kekebalan alamiah melalui fungsi-fungsi organ di saluran pernapasan.



Kepala Bagian Pelayanan PT Biofarma, Erwin Setiawan, mengatakan vaksin flu bermanfaat untuk mendukung kinerja organ-organ saluran pernapasan secara optimal dalam mencegah masuknya virus ke dalam tubuh. Vaksin flu direkomendasikan dilaksanakan setahun sekali.

"Dengan imunisasi influenza, membantu organ-organ di saluran pernapasan ini berfungsi secara normal, jangan sampai terganggu sebab terkait dengan pertahanan di tubuh kita. Virus flu membuat daya tahan tubuh turun dan memudahkan kita terkena infeksi penyakit lain," terangnya pada media, usai peluncuran Imunicare Cahaya Mitra Solo, Rabu (17/03/2021).

Kaitannya dengan Covid-19, pihaknya mengungkap vaksin flu tak bisa memproteksi dari penyakit Covid-19 secara langsung, namun dapat memperkuat organ-organ pernapasan sehingga tidak mudah terpapar. Target organ yang diserang virus Covid-19 sama, yakni organ pernapasan.

"Biasanya nyerangnya di saluran pernapasan (flu, Covid-19). Ketika seseorang divaksin influenza paling tidak saluran pernapasan kuat. Kalaupun terpapar nantinya tidak terlalu berat dibandingkan ketika seseorang tidak divaksin influenza," terang Erwin Setiawan.

Setelah seseorang divaksin, respons imun dalam tubuh akan membentuk antibodi yang berfungsi seperti tameng di dalam tubuh, sehingga menghadang virus masuk ke dalam sel tubuh. Bila virus masuk ke dalam sel tubuh akan bereplikasi dan menyebabkan sakit. Inilah fungsi vaksin, membentuk antibodi sebagai tameng sehingga sel-sel tubuh bisa terlindung dari penyakit infeksi. 

Menurutnya, semua pihak berperan untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi. Vaksinasi adalah salah satu upaya preventif efektif melindungi tubuh dari penyakit-penyakit infeksi berat, mencegah kecacatan, bahkan kematian.

"Ini program sangat baik untuk kesehatan masyarakat. Tugas kita semua membangun kesadaran akan pentingnya vaksinasi, apalagi biasanya influenza mengenai pekerja atau pegawai. Vaksin flu berguna untuk menjaga produktivitas karyawan," tutur Erwin Setiawan.

Melihat pentingnya vaksin, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti ini, PT Biofarma dan Klinik Cahaya Mitra Solo berkolaborasi meluncurkan Imunicare Cahaya Mitra, Rabu (17/03/2021).

Layanan vaksin Imunicare Cahaya Mitra berkonsep One Stop Vaccination Center. Dengan komitmen untuk menyediakan edukasi dan layanan vaksinasi berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat Kota Solo dan sekitarnya, baik anak maupun dewasa.

"Dengan menjadi Imunicare, Klinik Cahaya Mitra berharap dapat meningkatkan kualitas dan cakupan layanan vaksinasinya bagi masyarakat di Solo," kata Penanggungjawab Klinik Cahaya Mitra Solo, Enny Listiawati.

Adapun layanan vaksin ditawarkan, antara lain untuk keperluan perjalanan ke luar negeri, umroh, haji, ibu hamil, dan pranikah. Bahkan, Imunicare dipersiapkan untuk turut menyukseskan vaksinasi Covid-19 di Indonesia. 

Sementara itu, Regional Manager Indonesia Tengah PT Biofarma, Andreas Heru Susanto, berharap kehadiran Imunicare dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya imunisasi. Selain itu juga memberikan layanan vaksinasi untuk warga sekitar dan meningkatkan cakupan imunisasi untuk wilayah Solo.

"Saya harapkan mempermudah masyarakat mendapatkan akses layanan imunisasi, apalagi dengan saat-saat pandemi," ujarnya.

Imunicare Cahaya Mitra Solo turut berkontribusi mempercepat pemulihan ekonomi melalui pembagian vaksinasi Meningitis Menivax secara gratis selama sebulan ke depan bagi para pelaku pariwisata. Dengan begitu, harapannya roda pariwisata di Kota Solo kembali bergerak dan bisa mengejar ketertinggalan akibat pandemi.

Selain vaksinasi, Imunicare Cahaya Mitra juga menyediakan layanan dokter dan dokter gigi umum maupun spesialis, pemeriksaan rapid antibodi dan antigen Covid-19, layanan keluarga berencana, dan apotek. (rum)

(redaksi)