Hard News

Dalang Ki Mantep Sudarsono Tutup Usia Karena Covid 19

Nasional

2 Juli 2021 12:32 WIB

Ki Mantep Soedarsono

KARANGANYAR, solotrust.com - Dalang kondang Ki Mantep Soedarsono tutup usia di rumahnya di Desa Doplang, Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jumat (2/7). Pria kelahiran 31 Agustus 1948 ini meninggal dunia di usia 73 tahun.

Dalang wayang kulit kondang dilaporkan menghembuskan napas terakhir sekitar pukul 09.45 WIB. Menurut informasi yang dihimpun Solotrust.com, ia mengeluh sesak napas saat terpapar Covid-19, sebab ia memiliki komorbid di paru-paru. Selama dirawat di rumah, kondisi kesehatannya memburuk.



Camat Karangpandan, Rusdiyanto membenarkan ki Manteb Soedarsono meninggal dunia pada Jumat pagi tadi. Ia mengimbau para pelayat menahan diri atau bahkan jangan ke rumah duka.

“Lebih berhati-hati. Jaga diri. Doakan saja dari rumah. Biar petugas saja yang mengurus jenazahnya,” katanya.

Sementara itu berdasarkan informasi yang beredar, pemakaman jenazah ki Manteb akan menggunakan protokol jenazah Covid-19. Ia akan dimakamkan di Dukuh Sekiteran Desa Doplang. Mereka yang ditugaskan memulasara jenazah dari BPBD, PMI, relawan Karangpandan (rendan) dan RSN.

Ki Manteb dikenal sebagai dalang dengan kelas internasional namun ia memilih tinggal di desa. Ia memiliki sanggar Bima yang selalu didatangi siswa maupun tamu kesenian. (joe)

(zend)