Hard News

PM Jepang dan Presiden Korsel Bakal Bertemu Untuk Pertama Kalinya

Global

19 Juli 2021 13:15 WIB

Presiden Korsel Moon Jae In bersama Ibu Negara tiba di Osaka, Jepang untuk mengikuti KTT G20. (Foto: Reuters)

JEPANG, solotrust.com - Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga dan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae In akan melakukan pertemuan tatap muka pada Jumat (23/7) atau bertepatan dengan pembukaan Olimpiade Tokyo.

Dalam laporan surat kabar Jepang, Yomiuri, Senin (19/7), pertemuan ini merupakan pertama kalinya antara Suga dan Moon bertemu setelah adanya ketegangan hubungan diplomatik kedua akibat komentar diplomat senior Jepang.



Pada Jumat lalu, saluran penyiaran JTBC Korsel melaporkan bahwa seorang diplomat senior Jepang menyebut Moon “bermasturbasi” saat ia menggambarkan upaya presiden Korea Selatan itu meningkatkan hubungan dengan Jepang.

Sontak komentar tersebut menimbulkan ketegangan baru di kedua negara.

Terkait dengan komentar diplomat senior Jepang itu, Wakil Menteri Luar Negeri Korsel Choi Jong-kun telah melayangkan protes secara langsung kepada Duta Besar Jepang untuk Korsel Koichi Aiboshi pada Sabtu (17/7).

“Beliau juga menuntut pemerintah Jepang untuk segera mengambil langkah nyata dan tepat untuk mencegah situasi seperti ini terulang lagi,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Korea Selatan.

Kedua kantor pemerintahan negara tersebut, pada Senin ini, membantah bahwa pertemuan keduanya telah selesai. Gedung Biru, kantor kepresidenan Korea Selatan mengatakan kunjungan Moon masih belum dipastikan.

“Masih belum pasti apakah ada kunjungan ke Jepang karena belum ada tindakan memuaskan yang diambil oleh pihak Jepang soal hambatan terakhir untuk menggelar pertemuan,” demikian pernyataan pemerintah Korea, dikutip dari Reuters.

Nantinya jika bertemu,mereka kemungkinan kan membahas berbagai masalah yang memicu ketegangan hubungan Jepang-Korea Selatan selama beberapa generasi.

Termasuk masalah kompensasi bagi orang-orang yang dipaksa bekerja di perusahaan-perusahaan dan rumah bordil militer Jepang selama pemerintahan kolonial Jepang tahun 1910 – 1945.

PM Suga menyebut bulan ini hubungan antara Jepang dan Korsel sedang sangat sulit. Pihaknya pasrah bagaimana Seoul akan bereaksi akan masalah tersebut.

Gedung Biru menyatakan Moon mungkin akan melakukan kunjungan jika ia dapat bertemu Suga dan ada kemajuan menyangkut beberapa kesepakatan.

(zend)