Entertainment

Buku Harry Potter Edisi Pertama yang Langka Terjual Rp1,63 Miliar

Musik & Film

9 Agustus 2021 11:06 WIB

Buku Harry Potter edisi pertama "Harry Potter and the Philosophers Stone" terjual lebih dari Rp1,6 miliar (Dok. Tennants Auctioneers via BBC)

Solotrust.com - Buku Harry Potter edisi pertama "Harry Potter and the Philosopher's Stone" karya JK Rowling telah terjual seharga £80.000 (sekitar Rp1,63 miliar) di Tennants Auctioneers, situs lelang di Inggris baru-baru ini, sebagaimana dikabarkan BBC (29/7/2021) waktu sempat.

Buku itu adalah salah satu dari 500 eksemplar yang dicetak pertama kali pada tahun 1997 dan dibeli dari toko buku Nottingham. Pada halaman hak cipta buku tersebut, penulisnya hanya ditulis sebagai "Joanne Rowling".



Situs web memperkirakan bahwa buku itu akan dijual seharga £20.000 hingga £30.000, tetapi harga sebenarnya jauh di atasnya. Salinan tersebut menarik perhatian karena masih dalam kondisi terpelihara dengan baik dan memiliki kesalahan ketik yang hanya ditemukan pada edisi pertama.

Tennants mengatakan 300 buku asli dikirim ke perpustakaan dan banyak yang memiliki "tingkat kehilangan dan kerusakan yang tinggi". Volume ini dibeli segera setelah rilis di Dillons di Nottingham.

BBC menjelaskan bahwa edisi pertama populer di kalangan kolektor karena kesalahan ketik. Pada halaman 53 dari edisi pertama, item "1 wand" terdaftar dua kali karena kesalahan. Sedangkan di halaman belakang "Philosopher's" ditulis sebagai "Philospher's".

Harga jual tersebut merupakan salah satu yang tertinggi yang pernah tercatat untuk salah satu karya JK Rowling. Edisi pertama yang ditandatangani penulis dari buku yang sama dijual di Edinburgh tahun lalu seharga £125.000. Pada bulan Desember 2020, salinan serupa dijual seharga £68.000 di lelang di Staffordshire. (Lin)

(wd)