Hard News

Resmikan Rusun Pasar Rumput, Jokowi: Rusun ini Istimewa

Nasional

20 September 2021 16:20 WIB

Presiden Joko Widodo meresmikan Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput yang terletak di Pasar Manggis, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, pada Senin (20/9). (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA, solotrust.com - Presiden Joko Widodo meresmikan Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput di Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, pada Senin (20/9). Menurut Jokowi, rusun ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki kebanyakan rusun lain.

“Rusun Pasar Rumput ini istimewa karena juga didukung oleh jalur transportasi yang sangat baik, terintegrasi dengan busway dan interkoneksi timur selatan menuju Dukuh Atas,” ujar Jokowi saat peresmian.



Selain itu, berbagai fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) juga disediakan di rusun ini yang diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi.

“Keberadaan pasar dengan fasos dan fasum yang lengkap ini memberikan kemudahan bagi para penghuni untuk melakukan aktivitas ekonomi seperti pedagang dan menjalankan kegiatan ekonomi lainnya,” lanjut Jokowi.

Dengan keberadaan rusun ini, Jokowi berharap dapat meringankan beban masyarakat dalam mendapatkan hunian yang nyaman, terjangkau, dan dapat memudahkan masyarakat dalam kegiatan ekonomi.

Untuk membangun rusun ini, Jokowi menyebutkan dibutuhkan biaya sebanyak Rp970 miliar dari APBN. Oleh karena itu, rusun ini didukung oleh jalur transportasi yang baik, sehingga dapat memudahkan mobilitas penghuninya.

Sebagai informasi, Rusun Pasar Rumput dibangun dengan konsep mixed-use development dan memiliki 1.984 unit hunian tipe 36 yang terdapat di lantai 4 sampai lantai 25. Selain itu, pada lantai 1 rusun ini juga dibangun pasar dengan 318 kios dan 350 los, pada lantai 2 terdapat 649 kios, serta pada lantai 3 terdapat fasilitas umum dan fasilitas sosial. (rais)

(zend)