Hard News

Satu Sapi Kurban dari Jokowi Sudah Tiba di Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo

Jateng & DIY

9 Juli 2022 13:29 WIB

Sapi kurban Presiden Republik Indonesia (Jokowi) yang tiba di Masjid Al Wustho Mangkunegaran, Solo. Sabtu (9/7). (Foto: Dok. Solotrust.com/dks)

SOLO, solotrust.com - Satu ekor sapi kurban dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) tiba di Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo. Sapi itu tiba pada Jumat (8/7) malam pukul 22.00 WIB.

Sapi itu berjenis simental dengan berat 960 kg dan berwarna dominan coklat dan putih. Sapi ini didatangkan dari peternak di Desa Kalongan, Ungaran, Kabupaten Semarang.



"Alhamdulillah kemarin malam, hari Jumat pukul 22.00 WIB, sapi kurban dari Pak Presiden sudah hadir dari peternaknya langsung dinas Semarang," kata Purwanto, ketua Takmir Masjid Al Wustho Mangkunegaran, Sabtu (9/7) pagi.

Rencananya sapi kurban RI 1 itu akan disembelih Minggu (10/7) pagi besok sesusai Salat Ied di Masjid Al Wustho.

"Insya Allah akan kita sembelih besok seusai Salat Ied," lanjutnya.

Sementara itu, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Solo menyatakan sapi kurban Jokowi datang dalam kondisi sehat.

"Sapi ini tidak ada tanda-tanda terkena PMK, insya Allah ini sehat," ujar Sekretaris DKPP Solo Evy Nur Wulandari Sabtu (9/7) pagi.

Ia menjelaskan sapi itu diperiksa dengan mengamati lubang-lubang sapi dan pengamatan lainnya.

"Kita lihat dari lubang-lubang mulut, hidung, telinga, kemudian dari kotoran, kemudian cara berjalan," tuturnya.

Selain satu ekor tersebut, Jokowi juga mengurbankan satu ekor sapi lagi di Masjid Agung Keraton Kasunanan Solo. Menurut informasi, sapi di Masjid Agung itu berjenis lemosin dengan berat 1.010 kg dan didatangkan dari peternak asal Kedungdowo, Andong, Boyolali.

Rencananya satu sapi lagi ini akan datang pada Sabtu (10/7) siang ini. (dks)

(zend)