Pend & Budaya

Peringati Hari Bumi, SMP Negeri 12 Perkuat Bank Sampah

Pend & Budaya

25 April 2022 15:00 WIB

Bank sampah SMP Negeri 12 Solo. (Foto: Dok. Solotrust.com/zora)

SOLO, solotrust.com – Dalam rangka memperingati hari bumi, SMPN 12 Solo didampingi oleh gerakan lingkungan hidup Shind Jogja melakukan kegiatan pengumpulan limbah botol bekas, pembagian bibit pohon, menanam pohon, dan kampanye hari bumi disekitar lingkungan sekolah, Senin (25/4).

“Kegiatan diawali dengan penyerahan bibit cabe dan jambu dersono sebanyak 25 tanaman, yang menyerahkan anak-anak biar pada tau ada hari bumi sedunia yang harus dilestarikan,” ujar Kepala Sekolah SMPN 12 Solo, Ari Kristiati.



Acara ini berlangsung dari pukul 08.00 hingga 10.30 WIB diikuti sebanyak 15 siswa yang tergabung dalam kelompok kerja adiwiyata.

Fokus utama dari kegiatan ini adalah bank sampah dimana para siswa mengumpulkan botol bekas, kardus bekas dan kertas-kertas yang sudah tidak terpakai kemudian akan diserahkan ke Shind Jogja. Selain bekerja sama dengan Shind Jogja, SMPN 12 Solo juga menjalin kerjasama dengan salah satu perusahaan air minum dalam kemasan.

“Kalau sama AQUA itu dia membantu untuk menampung botol mineral bekas yang nantinya didaur ulang dan bisa ditukarkan dengan uang, masuknya ke kas kelas,” imbuhnya.

Shind Jogja bertugas mendampingi kegiatan sekolah adiwiyata dengan mengedukasi seputar bank sampah. Sampah yang sudah dipilah akan ditimbang serta dicatat secara manual dan online.

“Harapan kami tidak hanya dilakukan di sekolah tetapi dirumah juga, siswa memilah dan menyetor sampah ke bank sampah online. Nanti kalau lewat online bisa tahu nilai ekonomisnya. Sekolah tinggal input, mencatat, dan mengumpulkan, nah kita kirim tim buat ambil sampahnya,” tutur Tim Lapangan Shind Jogja, Abi Mahendra. (nika/zora)

(zend)