Hard News

Soal Pelonggaran Masker, Gibran Tunggu Instruksi Gubernur Jateng

Jateng & DIY

19 Mei 2022 19:25 WIB

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Dok. solotrust.com/Intan)

SOLO, solotrust.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan kebijakan terkait pelonggaran aturan pemakaian masker di luar ruangan. Kendati demikian, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka masih memakai masker saat melaksanakan tugasnya.

Gibran Rakabuming Raka tetap memakai masker saat mendampingi Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dalam acara ‘Road To G20: Invesment Forum Mendorong Percepatan Investasi Berkelanjutan dan Inklusif’ di Hotel Alila Solo, Rabu (18/05/2022).



Menaggapi hal itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka masih menunggu instruksi dari Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo terkait sosialisai pelonggaran lepas masker.

“Kalau di sini saya menunggu instruksi dari Pak Gubernur. Kemarin saya sudah tanya Pak Gubernur, intinya di sini masih pakai masker dulu lah ya, meskipun kasusnya udah hampir tidak ada, tetep waspada,” ujarnya kepada wartawan, usai acara Road To G20.

Jika gubernur Jawa Tengah telah menginstruksikan terkait sosialisai pelonggaran lepas masker, Gibran Rakabuming Raka akan melaksanakannya yang akan diatur dalam surat edaran (SE)

“Kalau sudah ada instruksi, kita mengikuti. Tenang saja ya, nanti segera kita turunkan di surat edaran," ucapnya.

Gibran Rakabuming Raka menambahkan, fungsi masker sendiri bukan hanya untuk mencegah Covid-19, melainkan dapat berguna menangkal polusi dan sebagainya.

Nek (kalau) masker ini bukan cuma untuk menangkal Covid-19 tho, untuk polusi dan lain-lain,” kata dia.

Dengan kondisi pandemi sudah membaik, wali kota tetap mengimbau masyarakat untuk senantiasa memakai masker di luar ruangan atau pun saat berada di kerumunan.

Yo nek isoh nganggo masker lah, opo meneh nek kerumunan (Ya kalau bisa tetap pakai masker lah, apalagi kalau di kerumunan-red) kayak gini atau di outdoor kerumunan ya tetep pakai masker kalau bisa,” seru Gibran Rakabuming Raka. (intan)

(and_)