Hard News

Diperkirakan Kondusif, Panpel Buka Semua Pintu Stadion Manahan untuk Piala Presiden Hari Ini

Jateng & DIY

27 Juni 2022 16:22 WIB

Suporter PSS Sleman yang mengantre di pintu tribun selatan Stadion Manahan Solo. Senin (27/6) sore. (Foto: Dok. Solotrust.com/dks)

SOLO, solotrust.com - Panitia Penyelenggara (Panpel) turnamen pramusim Piala Presiden 2022 Grup A membuka semua pintu Stadion Manahan untuk pertandingan PSS Sleman vs Dewa United dan Persis Solo kontra Persita Tangerang, Senin (27/6) sore-malam.

Ketua Panpel Stadion Manahan, Ginda Ferrachtriawan menuturkan dibukanya semua pintu ini lantaran 2 pertandingan ini diprediksi minim gesekan antar suporter.



Sebab, menurutnya, hanya ada masing-masing satu tim yang dipastikan akan membawa massa dalam jumlah besar. Total akan ada 12 pintu masuk yang di dalamnya terdapat 2 pintu lagi, alias sejumlah 24 total pintu masuk.

"Baik pertandingan pertama maupun kedua nampaknya hanya ada satu kesebalasan saja yang suporternya banyak, jadi kalau kemarin kita batasi supaya tidak beririsan supaya mengindari provokasi yang berlebihan tapi hari ini semua pintu kami buka," ujarnya ditemui Solotrust.com, Senin (27/6) jelang laga PSS vs Dewa.

"Total ada 12 gate di dalam masing-masing ada dua gate kurang lebih ada 24," tambahnya.

Panpel menyiagakan sejumlah 1 ribuan personel yang berjaga selama laga itu.

"Personel masih sama ya, kurang lebih 1 ribu personel ya," sambungnya.

Pada pertandingan pertama, panpel menyediakan sebanyak 12-13 ribu tiket bagi suporter PSS dan 19-an ribu tiket bagi suporter Persis.

Kedua suporter ini akan menempati parkir yang sama di dalam kawasan Manahan. Untuk itu, Ginda meminta suporter PSS untuk segera meninggalkan Manahan sesudah laga berakhir.

Demikian, ia menyiapkan area Markas Komado (Mako) Brimob di Jalan Adi Sucipto sebagai lokasi parkir alternatif suporter Persis, sebagai antisipasi massa yang tidak segera menyeterilkan Manahan.

"Kalau memungkinkan dua-duanya di dalam stadion, tetapi kalau pertandingan pertama belum keluar sesuai skenario akan kami tempatkan (suporter Persis) di depan (Mako) Brimob," jelasnya.

Diungkapkan, selama panpel menyelenggarskan dua laga dalam satu hari, pada Jumat (24/6), massa masih cukup terkendali. Sehingga ia berharap hal itu dapat kembali terjadi pada hari ini.

"Ya kalau lihat pertandingan (Jumat) bisa langsung keluar sih, alhamdulillah masih terkendali dan kondusif," terangnya.

"Penonton akan kami silakan segera pulang, disterilkan untuk penonton Persis," imbuh Ginda. (dks)

(zend)

Berita Terkait

Berita Lainnya