Hard News

Menuju Pemilu 2024, Kesbangpol Kuatkan Persatuan dan Kesatuan Lingkup ASN

Sosial dan Politik

27 September 2022 16:35 WIB

Sekda Kota Semarang, Iswar Aminuddin bersama sejumlah ASN Badan Kesbangpol dan aparatur kecamatan Kota Semarang di acara pemantapan tugas di Hotel MG Setos Semarang, Selasa (27/9). (Foto: Dok. Solotrust.com/fj)

SEMARANG, solotrust.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Semarang mengadakan kegiatan pemantapan tugas dan orientasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Agenda pemantapan tugas ini berkaitan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah tahun politik menuju pemilu 2024.



Menurut Sekertaris Daerah Kota Semarang, Iswar Aminuddin menjelaskan kegiatan bermuatan sosialisasi ini penting agar nilai kebangsaan tetap diterapkan di seluruh lapisan masyarakat, terutama di pemerintahan sipil persatuan dapat terjaga dengan baik.

"Kami yang ada di pemerintahan ini adalah bagian dari contoh kepada masyarakat, kalau aparatur sipil sendiri tidak memberikan contoh (menjaga persatuan) lalu bagaimana, maka ini harus dimulai dari ASN-nya dulu," jelasnya kepada Solotrust.com, Selasa (27/9).

Dirinya mengibaratkan nilai persatuan dan kesatuan sebagai virus. Diharapkan aparatur sipil menjadi motor atau penggerak masyarakat untuk menularkan virus tersebut agar kedaulatan bangsa tetap terjaga.

Ia pun mengingatkan tanpa adanya persatuan dan kesatuan di dalam internal pemerintahan, maka kedaulatan bangsa tidak akan terjamin keutuhannya.

"Begitu penting agar nilai persatuan dan kesatuan dapat disebarluaskan kepada seluruh lapisan masyarakat," ungkapnya.

Menurut Sekretaris Badan Kesbangpol Kota Semarang, Joko Hartono menjelaskan ditengah tahun politik seperti ini, aparatur sipil di dalam pemerintahan perlu adanya penguatan urusan pemerintahan, khususnya di aparatur Kesbangpol dan tingkat Kecamatan.

Lebih lanjut, yang dimaksud urusan pemerintahan yakini bagaimana membangun manusia Indonesia seutuhnya.

"Urusan mendasarnya yaitu bagaimana menjaga persatuan dan kesatuan, kemudian membina perdamaian dan kerukunan," katanya.

Bagi Joko, untuk terus meningkatkan aparatur sipil yang bertugas di bagian urusan pemerintahan itu, mereka perlu diberikan motivasi secara berkelanjutan. Hal tersebut mengingat semangat aparatur kerap kali tidak stabil atau naik turun.

Disamping itu, adanya tour of duty dan tour of area sering dilakukan di internal pemerintah. Adanya mutasi perpindahan aparatur ke bagian lain itu menjadi alasan perlunya motivasi dalam upaya memperkuat semangat mereka.

"Apalagi menjelang tahun politik, sehingga upaya-upaya menjaga persatuan terus dilakukan dengan mendatangkan motivator-motivator bagi mereka," pungkasnya. (fj)

(zend)