Hard News

Popda Solo 2022 Dimulai, Cari Juara untuk Maju di Popda Jateng

Jateng & DIY

18 Oktober 2022 16:20 WIB

Pembukaan acara Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kota Solo 2022 telah dimulai pada Selasa (18/10) di Stadion R.Maladi Sriwedari, Solo. (Foto: Dok. Pemkot Solo)

SOLO, solotrust.com - Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kota Solo 2022 telah dimulai pada Selasa (18/10) di Stadion R.Maladi Sriwedari, Solo. Popda ini diikuti seluruh perwakilan sekolah tingkat SD, SMP, hingga SMA di kota bengawan.

Popda Kota Solo ini dilaksanakan pada 18 Oktober hingga 3 November mendatang. Sebanyak 3000 lebih siswa ikut dalam ajang bergengsi di kancah pelajar ini.



Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kota Solo, Tamso menyebut Popda Solo akan berakhir pada penentian perwakilan siswa yang akan mengikuti ajang Popda di Provinsi Jawa Tengah.

"Kita persiapkan untuk Popda Jateng tahun depan (2023). Target kita juara umum nanti. Kita cetak calon-calon berprestasi yang akan dikirim ke Popda Provinsi Jateng," ungkapnya usai pembukaan (18/10).

Delapan belas cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, yakni atletik, basket, voli, badminton, futsal, judo, karate, panahan, pencak silat, renang, takraw, sepak bola, sepatu roda, taekwondo, tenis, dan tenis meja.

"Untuk SMP memperebutkan 120 emas, 120 perak, 191 Perunggu. kemudahan SMA 124 emas, 124 perak, 197 perunggu," paparnya.

Tamso berharap pelajar Solo dapat mencetak prestasi di Popda Provinsi Jateng maupun nasional. Harapannya dengan popda ini tahun depan bisa Solo dapat kembali meraih juara.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan antusiasme pelajar sangat luar biasa. Kedepannya pihaknya akan terus menggenjot event olahraga seperti ini. Terlebih di Solo akan didirikan Sekolah Khusus Olahraga (SKO).

"Yang jelas kita pengin dengan diadakannya event ini, bisa melahirkan bibit-bibit unggul untuk membanggakan kota Solo. Ini merupakan salah satu elemen penting. Jadi mereka harus dibiasakan untuk berkompetisi dari usia muda," ungkap Gibran. (riz)

(zend)