Serba serbi

5 Manfaat Kunyit Putih, Obati Sakit Maag hingga Cegah Kanker

Kesehatan

2 Januari 2023 17:01 WIB

Ilustrasi (Foto: Pixabay/MYCCF)

Solotrust.com - Kunyit putih merupakan tanaman tergolong jenis empon-empon. Tanaman ini memiliki nama latin Zedoary (Curcuma zedoaria) yang kerap dimanfaatkan sebagai bumbu dapur.

Kunyit putih dikenal memiliki sederet manfaat untuk kesehatan, di antaranya mengobati penyakit maag, mencegah kanker, bermanfaat bagi kesehatan kulit, bermanfaat bagi kesehatan wanita, dan memiliki manfaat dalam mengatasi gangguan pernapasan.



Berikut uraiannya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengobati sakit maag

Salah satu bagian pada kunyit putih, yakni bagian akar dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit maag. Selain itu juga dapat meredakan asam lambung dan menghilangkan bau mulut.

2. Mencegah kanker

Ekstrak kunyit putih dalam kapsul diketahui memiliki manfaat dalam pencegahan penyakit kanker. Selain itu, kunyit putih juga dapat digunakan dalam terapi.

3. Bermanfaat bagi kesehatan kulit

Kunyit putih memiliki banyak kandungan vitamin. Ekstrak kunyit putih dapat digunakan untuk masker wajah dan kulit. Kendati demikian, perlu diketahui pula jika kunyit putih tidak direkomendasikan untuk kulit sensitif karena penggunaan pada kulit secara terus-menerus dapat menyebabkan iritasi.

4. Bermanfaat bagi kesehatan wanita

Kunyit putih dapat mengobati sejumlah gangguan pada wanita, seperti keputihan, meredakan nyeri saat haid, dan memperlancar haid. Namun bagi ibu hamil tidak dianjurkan mengonsumsinya sebab kandungan dalam kunyit putih berbahaya bagi kesehatan janin dan bisa memicu keguguran.

5. Mengatasi gangguan pernapasan

Kunyit putih dapat membantu mengatasi gangguan pernapasan, yakni dapat mengobati asma, arthritis. Komoditas ini juga dapat digunakan sebagai penawar racun bisa ular, menangkal radikal bebas, analgesik untuk meredakan nyeri maupun antiperadangan.

Itulah lima manfaat kunyit putih bagi kesehatan. Semoga bisa menjadi referensi. (nila)

(and_)