Serba serbi

Gareth Bale Umumkan Pensiun dan Lanjutkan Petualangan Baru

Olahraga

10 Januari 2023 18:01 WIB

Gareth Bale mengumumkan pengunduran dirinya dari klub dan sepak bola internasional melalui akun media sosialnya, Senin (09/01/2023). (Foto: Instagram/@garethbale11)

SOLO, solotrust.com - Gareth Bale mengumumkan pengunduran dirinya dari klub dan sepak bola internasional melalui akun media sosialnya, Senin (09/01/2023).

"Setelah pertimbangan yang cermat dan bijaksana, saya mengumumkan pengunduran diri saya segera dari klub dan sepak bola internasional," tulis Gareth Bale di akun Instagramnya @garethbale11.



Merangkum berbagai sumber, Gareth Bale melakukan pertandingan kompetitif terakhirnya melawan Inggris di penyisihan grup Piala Dunia 2022 pada 29 November 2022.

Gareth Bale mengawali kariernya bersama Southampton pada 2005, sebelum memulai masa emasnya bersama Tottenham Hotspur.

Setelah membela Tottenham Hotspur selama enam musim bersama pada 2007-2013 dengan beberapa pencapaian, pesepak bola 33 tahun lantas bergabung dengan Real Madrid dengan rekor transfer senilai 90 juta poundsterling atau sekira Rp1,7 triliun pada 2013.

Bersama Real Madrid hingga 2020, Gareth Bale telah bermain sebanyak 176 kali pertandingan dan mengoleksi 81 gol. Ia pun turut menyumbangkan berbagai gelar bergengsi, seperti lima gelar Liga Champions, tiga juara Liga Spanyol, dan satu Copa del Rey.

Gareth Bale mengalami penurunan performa karena terus-menerus dibekap cedera pada tahun-tahun terakhirnya. Ia pun akhirnya memilih balik ke Tottenham Hotspur pada musim 2020-2021 sebagai pemain pinjaman.

Tak berselang lama, tepatnya pada Juli 2022, Gareth Bale bergabung ke klub MLS (Major League Soccer) Los Angeles FC. Di sini, pesepak bola asal Wales berhasil mengantarkan Los Angeles FC meraih gelar juara MLS, sebelum akhirnya memutuskan pensiun.

Selain bermain untuk klub, Gareth Bale juga membela Tim Nasional (Timnas) Wales sejak 2006 yang menjadikaannya pemain termuda bagi negaranya saat itu. Dalam membela Wales, sang gelandang sayap telah mencatatkan 111 penampilan dan total 41 gol.

Gareth Bale merasa beruntung telah mewujudkan impiannya dalam bermain sepak bola.

"Saya merasa beruntung telah mewujudkan impian saya bermain olahraga yang saya sukai. Itu benar-benar memberikan beberapa momen terbaik dalam hidup saya," tulisnya.

Gareth Bale memutuskan pensiun dan akan melanjutkan hidup ke tahap selanjutnya untuk petualangan baru. (set) 

(and_)