Pend & Budaya

Siswa-siswi SD dan SMP Angkasa Lanud Adi Soemarmo Ikuti FESA 2022

Pend & Budaya

11 Januari 2023 20:58 WIB

SOLO, solotrust.com - Festval Edukasi Sekolah Angkasa (FESA) 2022 kembali digelar, Selasa (10/01/2023). Kompetisi tingkat SD, SMP, SMA/K, dan SLB Angkasa ini digelar untuk mengasah prestasi siswa-siswi.

FESA digelar Yayasan Ardya Garini (Yasarini) Pengurus Pusat. Salah satu rangkaiannya, yakni Angkasa Mathematics and Science Olympiad (AMSO) 2022. Kompetisi tingkat nasional ini digelar secara virtual, diikuti Sekolah Angkasa se-Indonesia.



Tahun ini merupakan kali keenam FESA diselenggarakan dengan tajuk ‘Yasarini Bergerak Pulihkan Negeri Berprestasi dan Raih Angkasa Hebat.’ Sementara AMSO 2022 bersemboyan Angkasa Hebat, Kreatif dan Berakhlak Mulia.

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetya dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan bukti komitmen Yasarini untuk terus berupaya memajukan pendidikan bagi generasi muda bangsa, khususnya keluarga besar TNI Angkatan Udara.

“Saya optimis kegiatan FESA menjadi sarana untuk menumbuhkembangkan kreativitas, motivasi belajar, keingintahuan serta karakter jiwa sosial di dalam diri siswa dan siswi Sekolah Angkasa,” ungkapnya.

Ada beberapa mata pelajaran dilombakan dalam AMSO, yakni Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Fisika, Geografi, dan Ekonomi. Total sebanyak 4817 siswa bersaing memperebutkan medali dalam kompetisi AMSO. Sementara 79 di antaranya berasal dari Sekolah Angkasa Lanud Adi Soemarmo dengan rincian 16 siswa SD dan 63 siswa SMP.

Menyambut kompetisi ini, SD dan SMP Angkasa Lanud Adi Soemarmo telah melakukan tahap seleksi sejak November 2022 lalu. Ketua Yayasan Ardhya Garini Pengurus Cabang Lanud Adi Soemarmo Solo, Betty Agus Setiawan, mengungkap usai seleksi, tahap selanjutnya yakni penguatan materi siswa hingga siap menghadapi kontestasi AMSO.

"Anak-anak sudah dilatih oleh para guru dan mereka bersemangat sekali. Tentunya juga didukung oleh orangtua di rumah. Mereka memberikan pendampingan, jadi dari sisi persiapan materi, soal-soal olimpiade sudah dimulai. Mereka dapat pelatihan dari para guru," ungkapnya saat dijumpai di Lanud Adi Soemarmo Solo, Selasa (10/01/2023).

Selain itu, guna kelancaran pelaksanaan lomba, siswa juga dibekali dukungan fasilitas komputer dan jaringan internet mumpuni

"Dilihat dari segi fasilitas untuk pelaksanaannya karena secara online secara terpusat, alhamdulillah fasilitasnya terpenuhi dari sekolah," kata Betty Agus Setiawan.

Kontestasi FESA dan AMSO digelar setiap Sekolah Angkasa binaan TNI AU menjadi daya tarik tersendiri bagi calon siswa.

"Merupakan satu daya tarik juga di Sekolah Angkasa bahwa AMSO merupakan kegiatan tahunan yang khas di Sekolah Angkasa dan kita jadi bagiannya. Itu sangat membanggakan dan mereka setiap tahun akan mempersiapkan dan tentunya menjadi suatu pembiasaan untuk menghadapi FESA dan AMSO," papar Betty Agus Setiawan.

Sementara itu, Komandan Lanud (Danlanud) Adi Soemarmo, Marsma TNI Agus Setiawan, mengungkap Sekolah Angkasa memiliki fasilitas memadai untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran masa kini.

"Sekolah Angkasa di bawah binaan Lanud memiliki fasilitas yang tidak kalah, bahkan lebih unggul daripada sekolah-sekolah lain, baik negeri maupun swasta. Dengan adanya lomba bisa dilihat fasilitasnya, diharapkan akan semakin meningkatkan minat para peserta didik ajaran baru untuk menjadi bagian dari Sekolah Angkasa Lanud Adi Sumarmo," kata Marsma TNI Agus Setiawan.

"Kita sudah melengkapi kebutuhan belajar mengajar di sekolah, terutama di era industri 4.0 teknologi sistem informasi memegang peranan penting dalam akademik," lanjutnya.

Selain kompetisi akademik, Sekolah Angkasa juga mendukung akademik para siswa dengan olahraga kedirgantaraan, kegiatan yang membangun kebersamaan, dan berbagai kegiatan menarik lainnya. (riz)

(and_)