Hard News

Wisata Dirgantara Indonesia 2023 Hadirkan 1000 Siswa PAUD dan TK, Kenalkan Kedirgantaraan Sejak Dini

TNI / Polri

13 Maret 2023 11:01 WIB

Wisata Dirgantara Indonesia 2023 pada Minggu (12/03/2023) menjadi langkah Lanud Adi Soemarmo Solo mengenalkan dunia kedirgantaraan kepada anak usia dini.

SOLO, solotrust.com - Acara bertajuk Wisata Dirgantara Indonesia 2023 pada Minggu (12/03/2023) menjadi langkah Lanud Adi Soemarmo Solo mengenalkan dunia kedirgantaraan kepada anak usia dini. Acara ini mendatangkan seribu siswa tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) se-Soloraya.

Wisata Dirgantara Indonesia 2023 digelar di bandar udara (Bandara) lama Lanud Adi Soemarmo Solo. Di lokasi ini dipamerkan pula alat utama sistem persenjataan (Alutsista) dimiliki Lanud Adi Soemarmo Solo. Anak-anak pun antusias melihat lebih dekat mengenai pesawat, peralatan radar, bahkan para prajurit yang mengenakan atribut lengkap.



Para siswa PAUD dan TK sering kali meminta foto dan mendengarkan penjelasan dari para prajurit mengenai alat dan pesawat TNI Angkatan Udara (AU). Komandan Lanud (Danlanud) Adi Soemarmo Solo, Marsma TNI Agus Setiawan, mengungkapkan kegiatan ini merupakan edukasi sekaligus upaya lebih mendekatkan Lanud pada masyarakat.

"Wisata Dirgantara merupakan salah satu edukasi yang ditujukan kepada anak-anak usia dini untuk mengenalkan kedirgantaraan, sekaligus dapat menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta terhadap dunia dirgantara. Selain itu juga sebagai upaya mendekatkan Lanud Adi Soemarmo kepada masyarakat di wilayah Solo dan sekitarnya," kata Marsma TNI Agus Setiawan.

Rangkaian kegiatan pun digelar untuk memeriahkan acara, di antaranya lomba mewarnai, panggung hiburan, pameran dan bazar. Di samping itu pula ditampilkan beberapa atraksi dan senam dari Kelompok Bermain (KB) Angkasa, drumband dari TK, SD dan SMP Angkasa, pencak silat, tari-tarian, story telling, kesenian tradisional, fashion show, demo aero modeling dan paramotor, serta static show pesawat dan kendaraan taktis dari Lanud Adi Soemarmo.

Acara ini sukses menghibur para siswa yang hadir bersama orangtuanya. Tak hanya itu, para siswa juga bisa membawa pulang doorprize berupa alat tulis hingga sepeda.

Wisata Dirgantara Indonesia 2023 merupakan kerja sama antara Lanud Adi Soemarmo Solo dengan Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) Pengurus Cabang Lanud Adi Soemarmo dan Yayasan Wahyu Citra Indonesia.


Ketua Yasarini Pengurus Cabang Lanud Adi Soemarmo, Betty Agus Setiawan, mengungkapkan kegiatan ini digelar pascapandemi sekaligus mengisi waktu jeda semester kedua.

"Setelah pandemi kan baru kali ini ya diadakan, jadi mudah-mudahan jadi hiburan tersendiri dan ada nilai edukasi bagi anak sejak usia dini. Kalau mungkin kita biasa di lingkungan Lanud, nah mungkin kalau yang TK lain belum tentu pernah melihat sekeliling Lanud," ungkapnya.

Yasarini Pengurus Cabang Lanud Adi Soemarmo Solo juga memiliki sekolah di tingkat TK, SD hingga SMP Angkasa yang terbuka bagi masyarakat umum. Pihaknya berencana menjadikan Wisata Dirgantara Indonesia 2023 sebagai agenda rutin dengan pelaksanaan lebih maksimal.

"Kami akan maksimalkan ya karena banyak hal menarik tentang TNI AU untuk dikenal sejak dini. Semua cinta TNI," tandasnya.

Sementara itu, salah satu wali murid, Dani Juniastuti (35) yang ikut berpartisipasi menyebut kegiatan ini menyenangkan bagi anak-anak, terlebih melatih mental dalam kegiatan lomba.

"Acara ini sangat bagus. Keren juga anak-anak bisa mengenal alutsista kedirgantaraan, bisa belajar mengenal lingkungan, percaya diri juga, soalnya ada lomba drumband, mewarnai," ungkap Dani Juniastuti.

Ketua Pengurus IGTKI Kabupaten Karanganyar, Siti Aminah menyambut baik kegiatan itu sebab dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, baru kali ini ada kegiatan pengenalan mengenai Lanud Adi Soemarmo.

"Pada kesempatan ini anak-anak bisa melihat dari dekat bagaimana ketika anak-anak ingin naik pesawat, bagaimana pelayanan Lanud atau Bandara Adi Soemarmo, mungkin ini termasuk kegiatan langka," tukasnya. (riz)

(and_)

Berita Terkait

Final Piala Asia 2023: Qatar Back to Back Pertahankan Mahkota Juara

Piala Asia 2023: Tuan Rumah Qatar Berhasil Lolos Final

Piala Asia 2023: Yordania Bungkam Korea Selatan di Babak Semifinal

Timnas Indonesia Juara Piala Asia eFootball 2023

Piala Asia 2023: Iran Menang Dramatis atas Jepang

Korsel Lolos Semifinal Piala Asia 2023, Tumbangkan Australia di Babak 8 Besar

Ditjen PAUD Dikdasmen: Tak Ada Pembatalan, PTM Harus Tetap Jalan!

Ibu Negara Iriana Joko Widodo Menyanyi dan Bermain Bersama Anak-Anak PAUD di Solo

Satu Tahun Belajar di PAUD

Mahasiswa KKN Undip Berikan Penyuluhan Pembuatan Rencana Darurat untuk Keluarga TKI

Sah! Kemendikbud Teken SE Wisuda TK-SMA Bukan Kewajiban

Ayah, Ibu dan Anak Ditemukan Tewas, Diduga Diracun

Serunya Anak TK Padamkan Api dan Bermain Air Bersama Petugas Pemadam Kebakaran

Tenaga Honorer di Solo Dihapus, Ganti TKPK

Tingkatkan Kompetensi SDM, Sahabat Ganjar Gelar Lomba Kejuruan TKJ SMK se-Soloraya

Siswa-siswi SD dan SMP Angkasa Lanud Adi Soemarmo Ikuti FESA 2022

Satgas P4GN TNI AU Sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba

Peringati HUT ke-76 TNI AU, Lanud Adi Soemarmo Gelar Bazaar Murah

Puluhan Siswa Sekolah Angkasa Lanud Adi Soemarmo Solo Ikut AMSO 2021

480 Prasis Semata PK TNI AU A-82 Ikuti Latihan Berganda di Pacitan

480 Siswa Ucapkan Janji pada Pembukaan Pendidikan Semata PK TNI AU Angkatan ke-82

Pedagang Kaki Lima Wajib Punya Sertifikat Halal Mulai 17 Oktober

Ada Masalah Rumah Tangga, Wanita Ini Nekat Jemput Suami saat Main Bola

Berita Lainnya