Serba serbi

6 Amalan Utama di Bulan Ramadan Bertabur Pahala, Muslim Wajib Tahu!

Serba serbi

29 Maret 2023 16:21 WIB

Ilustrasi (Foto: Pixabay/mucahityildiz)

Solotrust.com - Ramadan merupakan bulan yang sangat agung dan bertabur pahala sekaligus penuh ampunan. Pada bulan mulia ini pula umat Islam diwajibkan menunaikan ibadah puasa.

Selain berpuasa sebulan penuh, sepanjang Ramadan ada banyak amalan utama yang bisa mendatangkan pahala berlipat ganda. Apa saja itu, berikut amalan-amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan di bulan suci Ramadan, dirangkum dari berbagai sumber.



1. Salat malam

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

"Barang siapa yang pada bulan itu (Ramadan) mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya." (HR. Bukhori-Muslim).

Ibadah malam ini dapat dilakukan dengan salat tahajud, terutama di sepertiga malam terakhir.

2. Fokus beribadah di sepuluh hari terakhir

Di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan, Allah Subhanahu wa Ta'ala menjanjikan memberikan ampunan kepada umat islam yang beribadah. Dalam salah satu hadits riwayat Muslim disebutkan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sangat bersungguh-sungguh pada sepuluh hari terakhir Bulan Ramadan melebihi kesungguhan beliau di waktu lainnya.

3. Iktikaf atau berdiam diri di masjid

Amalan ini terkait dengan akan jatuhnya malam Lailatul Qadar. Malam yang lebih baik daripada seribu bulan ini akan terjadi pada satu malam di antara sepuluh hari terakhir Ramadan. Dalam hadits diriwayatkan Abu Sa’id Al-Khudri, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

“Aku pernah melakukan itikaf pada sepuluh hari Ramadan yang pertama. Aku berkeinginan mencari Lailatul Qadar pada malam tersebut. Kemudian aku beriktikaf di pertengahan bulan, aku datang dan ada yang mengatakan padaku bahwa Lailatul Qadar itu di sepuluh hari yang terakhir. ‘Siapa saja yang ingin beritikaf di antara kalian, maka beriktikaflah.’ Lalu di antara para sahabat ada yang beriktikaf bersama beliau,” (HR Bukhari).

4. Memberi makan orang membutuhkan

Memberi makan orang berbuka puasa juga termasuk sedekah yang merupakan amalan utama di bulan Ramadhan lainnya. Hal ini karena sedekah paling utama dikerjakan di Bulan Ramadan. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

"Siapa yang memberi berbuka orang puasa, baginya pahala seperti pahala orang berpuasa tadi tanpa dikurangi dari pahalanya sedikit pun." (HR. Ahmad, Nasai, dan dishahihkan al-Albani).

5. Membaca Kitab Alquran

Amalan ini akan mendatangkan kebaikan yang lebih jika kita lakukan di Bulan Ramadan. Sebagaimana firman Allah:

“Beberapa hari yang ditentukan itu ialah Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran. Ini sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (QS. Al Baqarah: 185).

6. Perbanyak istigfar

Keistimewaan Bulan Ramadan salah satunya adalah dibukanya gerbang ampunan untuk kaum Muslimin. Salah satu cara yang dapat kita lakukan sebagai umat Muslim untuk menghapus dosa-dosa, yakni dengan beristigfar sebanyak mungkin.

Selain istigfar, umat Muslim juga bisa menambahkan amalan lainnya, seperti zikir dan doa karena sesungguhnya malam dan siang hari saat Ramadan adalah waktu mulia dan utama.

(Tria Oktafiana)

(and_)