Hard News

Petugas Lapas Kelas IIB Tegal Temukan Bungkusan Narkoba Dilempar dari Luar

Hukum dan Kriminal

12 Mei 2023 14:21 WIB

Petugas Lapas Kelas IIB Tegal berhasil menemukan bungkusan narkoba yang dilempar dari luar tembok, Rabu (10/05/2023). (Foto: Dok. Istimewa)

TEGAL, solotrust.com - Petugas Lapas Kelas IIB Tegal berhasil menemukan bungkusan narkoba yang dilempar dari luar tembok. Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIB Tegal, Yugo Indra Wicaksi dan Kasatnarkoba Polres Tegal Kota merilis temuan bungkusan narkoba, Rabu (10/05/2023).

Temuan itu diketahui di pagi hari, usai dilaksanakannya inspeksi mendadak (Sidak). Petugas lapas menemukan bungkusan barang haram narkoba, selanjutnya kalapas berkoordinasi dengan Polres Tegal Kota.



Yugo Indra Wicaksi mengungkapkan ada berbagai jenis narkoba ditemukan petugas pagi itu.

"Pada hari ini, Rabu, kami (lapas) mendapatkan lemparan berisi narkoba yang kami temukan pada jam 05.00 WIB dengan berbagai jenis narkoba. Ada sabu-sabu, tembakau gorila, dan pil psikotropika beserta alat-alat untuk melaksanakan itu," urainya, saat menyampaikan rilis di aula Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tegal, Rabu (10/05/2023).

Kepala Lapas Kelas IIB Tegal merilis temuan adanya lemparan bingkisan narkoba, didampingi Kasatnarkoba Polres Tegal Kota, Iptu Andi Susanto beserta para petugas Polres Tegal Kota dan petugas lapas.

"Dalam hal ini narkoba tersebut dibungkus dengan kondisi tertutup dipenuhi bungkusan-bungkusan seperti paket kecil berwarna hitam yang ditemukan oleh petugas dapur bernama Handoko," ungkap Yugo Indra Wicaksi.

Bungkusan narkoba disebut merupakan lemparan dari sudut bagian Timur lapas oleh pihak luar lapas terdiri atas tiga jenis paket, yakni dua paket sabu, dua paket tembakau jenis gorila serta dua paket berisi pil psikotropika.

Modus melempar bungkusan berisi narkoba dari luar ke dalam lapas, menurut mantan narapidana (Napi) narkoba yang tak bersedia disebutkan namanya dan kini sudah meninggalkan dunia narkoba beberapa tahun belakangan, merupakan pola lama.

"Jangankan gedung lapas, toko-toko kecil sekarang saja sudah banyak yang menempatkan CCTV baik terang-terangan maupun tersembunyi," kata mantan napi yang kini menjalani hidupnya lebih banyak di tempat peribadatan.

Terkait temuan kasus pelemparan bungkusan narkoba oleh pihak luar ke dalam Lapas Kelas IIB Tegal ini, Kasatnarkoba Polres Tegal Kota, Andi Susanto, mengatakan pihaknya segera melakukan tindak lanjut untuk melakukan penyidikan.

"Hari ini kami dapatkan barang terlarang yang dimungkinkan merupakan hasil lemparan. Terima kasih atas ketanggapan dari lapas. Dengan adanya ini kami dari Satnarkoba Polres Tegal Kota akan menindaklanjuti untuk melakukan penyidikan dengan tim," kata dia dalam siaran pers diterima solotrust.com.

(and_)