Hard News

Jokowi Bertolak ke Jepang Hadiri KTT G7

Nasional

19 Mei 2023 11:09 WIB

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana bertolak ke Jepang dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (19/05/2023). (Foto: Humas Setkab/Jay)

JAKARTA, solotrust.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana dan delegasi terbatas berangkat menuju Hiroshima, Jepang, Jumat (19/05/2023). Salah satu agenda presiden adalah untuk memenuhi undangan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 dengan negara-negara mitra atau G7 Outreach Summit 2023.

“Pagi hari ini, saya bersama Ibu Negara dan delegasi terbatas akan berangkat ke Hiroshima di Jepang dalam rangka menghadiri undangan Presiden G7, yaitu Perdana Menteri Kishida Jepang,” kata Jokowi dalam keterangan pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sesaat sebelum lepas landas.



Menurutnya, di dalam pertemuan G7 akan dibahas berbagai permasalahan global, seperti perubahan iklim, pangan, energi, dan lainnya. Presiden menyebut Indonesia ingin berkontribusi di bidang-bidang tersebut.

“Indonesia akan membawa suara dari global South yang intinya negara-negara berkembang harus didengarkan, bukan hanya negara-negara maju dan negara-negara besar saja. Jadi negara-negara berkembang harus didengarkan di dalam forum itu. Keinginan kita kira-kira itu,” jelasnya, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kebinet RI, setkab.go.id.

Terkait itu, Jokowi menyebut beberapa poin hasil dari KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo juga akan dibawa

“Berkaitan dengan Myanmar misalnya,” imbuhnya.

Selain menghadiri KTT G7, Presiden Jokowi juga diagendakan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara. Kepala Negara juga akan bertemu dengan beberapa kalangan pengusaha besar Jepang dalam format forum bisnis.

Presiden dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1 sekira pukul 09.00 WIB. Ia direncanakan tiba kembali di Tanah Air pada Minggu (21/05/2023).

(and_)