Entertainment

Inilah Anime Terbaik Karya Makoto Shinkai yang Menyentuh Hati

Musik & Film

17 Agustus 2023 15:05 WIB

Ilustrasi (Dok. Pixabay/jensenartofficial)

Solotrust.com – Studio Comix Wave Films terkenal dengan produksimovie anime menyentuh hati. Selain Suzume no Tojimari ternyata Kimi no Nawa atau Your Name adalah karya Makoto Shinkai garapan studio tersebut.

Mau tahu lebih banyak soal anime menyentuh hati karya Makoto Shinkai? Berikut daftarnya, dirangkum dari berbagai sumber.



1. The Place Promised in Our Early Days (Kumo no Muno, Yakusoku no Basho) – 2004

The Place Promised in Our Early Daysmerupakan karya Makoto Shinkai berdurasi sekira 90 menit. Film ini mengisahkan dua anak teman masa kecil tumbuh bersama lalu terpisah setelah salah satu teman cewek mereka menghilang.

Keduanya menyadari mungkin teman cewek mereka hilang karena telah menjadi kunci untuk menyelamatkan dunia, saat menara misterius dibangun Union mulai menggantikan materi sekitarnya dengan materi alam lain.

2. 5 Centimeters per Second (Byosoku 5 Centimeters) – 2007

5 Centimeters per Secondmenjadi karya Makoto Shinkai yang mendapat penghargaan sebagai Film Fitur Animasi Terbaik di Asia Screen Awards 2007. Film ini mengisahkan lika-liku hidup Takaki Tono dan hubungannya dengan gadis di sekitarnya.

3. Someone’s Gaze (Dareka no Manazashi) – 2013

Someone’s Gaze dirilis pada 10 Februari 2013. Film ini menceritakan kehidupan seorang anak bernama Okamura Aya baru lulus kuliah. Ia mengalami perubahan saat orangtuanya yang sibuk bekerja ketika itu mendadak mengundurkan diri. Hal itu tak pelak bikin Okamura Aya merasa aneh, apalagi setelah melihat sikap ayahnya yang kini terlihat berbeda.

4. Garden of the Words (Kotohana no Niwa) – 2013

Garden of the Wordsmengisahkan seorang pelajar sering bolos setiap jam pertama waktu turun hujan. Saat  bolos, Takao Akizuki memilih untuk ke taman dan menggambar sketsa. Di taman itu Takao bertemu seorang wanita bernama Yukari Yukino. Film ini berdurasi sekitar 46 menit

5. Your Name (Kimi no Nawa) – 2016

Your Namemengisahkan kejadian masa lalu antarremaja, yakni Mitsuha Miyamizu di Desa Itomori dan Taki Tachibana yang berada di Tokyo. Saat itu terjadi peristiwa tak terduga. Ketika malam hari di Desa Itomori, saat Mitsuha dan kedua temannya ingin melihat penampakan Komet Tiamat, komet itu malah jatuh menjadi beberapa bagian, di antaranya berada di tempat Mitsuha dan kedua temannya berdiri. Namun siapa sangka Mitsuha mengalami pertukaran tubuh dengan Taki Tachibana, remaja laki-laki yang berada di Tokyo dan mengubah keadaan yang terjadi di masa lalu jatuhnya komet itu agar tidak ada yang mati di desa tersebut.

6. Weathering with You (Tenki no Ko) – 2019

Weathering with Youjuga merupakan salah satu karya Makoto Shinkai. Flm ini mengisahkan seorang gadis yang membuat perjanjian dengan matahari. Suatu ketika, seorang anak bernama Hodoka Morishima dari desa di Shikoku meninggalkan rumah dan memutuskan tinggal di Tokyo untuk mencari pekerjaan.

Ia pun memutuskan menghubungi pria aneh yang ditemui di jalanan dan menjadi penulis Keisuke. Saat itu sedang dilanda hujan deras setiap hari hingga mengakibatkan bencana banjir ketika sedang menulis.

Hodoka Morishima tak sengaja membaca artikel tentang Gadis Matahari. Akhirnya, ia mencari keberadaan sang Gadis Matahari. Setelah bertemu gadis itu yang bernama Amano Hina, Hodoka Morishima pun mencoba peruntungannya. Adapun alasan mengapa gadis itu disebut Gadis Matahari karena Amano Hina mampu meminta matahari muncul dengan mantranya.

7. Suzume no Tojimari - 2022

Suzume no Tojimari baru dirilis pada 10 November 2022 lalu. Film animasi karya Makoto Shinkai ini mengisahkan Suzume bertemu pria misterius yang sedang mencari pintu. Suzume penasaran dengan pintu dimaksud pria itu, akhirnya mencoba mencari keberadaannya.

Saat bertemu pintu itu, Suzume malah mencabut patung yang disebut kunci. Sesaat setelah patung yang berada di samping pintu, akhirnya berubah menjadi seekor kucing bernama Daijin.

Setelah patung itu tercabut, keluarlah sesosok cacing raksasa. Jika cacing itu jatuh ke tanah akan menyebabkan gempa besar. Beruntung gempa itu berhasil dicegah dengan menutup lagi pintu menggunakan kunci Souta Munakata yang diberikan kakeknya.

Siapa sangka setelah mencabut patung yang disebut kunci malah mengubah Souta Munakata menjadi kursi kecil. Akhirnya Suzume berusaha agar tidak terjadi gempa susulan. Ia mencari keberadaan cacing raksasa hingga tak menyadari Daijin telah menjadikan Souta sebagai kunci di alam lain. (Bilqis)

(and_)