Jumat , 25 September 2020

Sutradara Weathering With You Berbagi Pemikirannya Seputar Film Itu

21 April 2020 04:04 WIB


Salah satu scene dalam "Weathering With You". (Dok. Makoto Shinkai/CoMix Wave Films via Crunchyroll).


Solotrust.com- Sutradara "Weathering With You", Makoto Shinkai pernah berbagai beberapa pemikirannya seputar film itu dalam sebuah konferensi pers yang dihelat di Lotte World Tower, Korea Selatan, sebagaimana dikabarkan JoongAng Daily.



Terkait perbedaannya dengan film sebelumnya "Your Name", Shinkai mengatakan, "Untuk 'Your Name,' saya ingin penonton merindukan dunia ini, membuat mereka ingin tinggal di tempat seperti itu. Namun setelah tiga tahun, saya menyadari bahwa suasana sosial telah berubah. Orang-orang muda yang hidup dalam masyarakat kontemporer tidak lagi berharap atau memiliki kerinduan untuk rumah mewah dan indah. Mereka tampaknya menyerah pada harapan sejak awal dan melihat hal-hal itu sebagai hal yang surreal. Jadi saya ingin menggambarkan bagaimana anak laki-laki dan perempuan itu menemukan sukacita terlepas dari kesulitan dan kemiskinan mereka."

Makoto Shinkai juga berbagi komentarnya terkait pesan film ini, dengan mengatakan, "Apa yang Hodaka lakukan untuk menyelamatkan Hina mungkin ilegal, buruk dan berbahaya bagi orang lain. Tetapi Hodaka berlari ke arah Hina hanya untuknya, jadi dia memilih Hina daripada Tokyo. Tapi saya tidak melihat tindakan Hodaka sebagai keegoisan, karena apa yang dia lakukan adalah menyelamatkan orang yang paling berarti baginya."

Shinkai pun menyadari bahwa hal itu dapat menimbulkan kontroversi. Tentang hal itu ia mengatakan, "Tapi saya bertanya-tanya apakah perubahan iklim yang dialami dunia saat ini benar-benar kesalahan pemuda. Orang dewasa dan cara hidup mereka telah menyebabkan perubahan ini, jadi orang-orang muda benar-benar tidak bertanggung jawab atas mereka. Saya ingin para karakter pergi ke arah yang berbeda dari apa yang diinginkan orang dewasa, mengarahkan mereka untuk membuat pilihan yang orang dewasa mungkin tidak mengerti."

Meskipun film ini adalah fantasi, Makoto Shinkai mendapatkan inspirasi dari fenomena alam dan sosial yang sebenarnya ada di Jepang. Ia mengatakan bahwa di Jepang ada banyak fenomena alam seperti hujan lebat yang dialami Tokyo saat ini, yang membuat orang khawatir tentang kejadian alam yang drastis.

"Weathering With You" mulai tayang di Jepang pada 19 Juli 2019. Di Indonesia, film ini tayang mulai 21 Agustus. Film ini sukses meraih berbagai penghargaan seperti film animasi terbaik di Asia Pacific Screen Awards (ASPA) ke-13 di Brisbane, Australia dan Animation of the Year dari Japan Academy Prize Awards ke-43 tahun 2020. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com